Shalat tarawih sampai selesai atau tahajjud

Seseorang sudah melakukan shalat tarawih sampai selesai termasuk witir. Malam harinya dia ingin melakukan shalat tahajjud, apa yang harus dia lakukan? Bolehkah kita melakukan sholat tahajjud setelah sholat witir? Bagaimana hukum melakukan shalat witir dalam satu malam?

Jawaban
Bagi yang telah melaksanaka shalat tarawih sebanyak 11 rakaat, maka itu sangat bagus sekali, dan cukup. Lebih baik mencukupkan diri dengan apa yang telah ia kerjakan, sedangkan waktu yang masih tersisa atau ketika ia terjaga kembali ada baiknya bila digunakan untuk membaca al-qu'an atau memperbanyak doa atau amalan ibadah lainya.

Aisyah radhiallahu anha' mengisahkan :
ما كان يزيد في رمضان ولا في غيره على إحدى عشرة ركعةً
Dahulu Rasulullah n tidaklah mendirikan shalat lebih baik sebelas rakaat, baik pada bulan ramadhan atau lainnya (muttafaqun alahi)

Namun bila ingin tetap menambah, mengingat anda lebih memilih pendapat ulama yang membolehkan untuk menambah jumlah rakaat shalat malam lebih dari 11 rakaat, maka itu sepenuhnya terserah kepada anda . akan tetapi bila anda telah mendirikan shalat witir, maka anda tidak boleh mendirikan sholat witir lagi. Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu alahi wassalam berikut:
لا وتران في ليلةٍ
"tidak boleh ada 2 kali shalat witir dalam satu malam" (Abu Dawud dan lainya)



Powered by Blogger.