Bolehkah berobat kepada dukun

Jawaban
Dilarang keras mendatangi dukun, peramal dalam tujuan sekedar berkonsultasi apalagi berobat. Rasulullah shallallahu a’lahi wassalam telah memperingati ummatnya dalam haditsnya yang diriwayatkan dari istrinya.

من أتى عرّافا فسأله عن شيء لم تُقبل له صلاة أربعين ليلة
“barangsiapa yang mendatangi peramal dan bertanya kepadanya tentang sesuatu maka tidak diterima shalatnya selama 40 malam”. (HR. Muslim no.5957)
Bolehkah berobat kepada dukun

Bahkan bisa jatuh kepada kekufuran bagi mereka yang membenarkan apa yang disampaikan oleh tukang ramal/dukun dan yang sejenis mereka, sebagaimana hadits yang diirwayatkan oleh Abdullah ibnu mas’ud.

من أتى عرّافا أو ساحرا أو كاهن فسأله فصدّقه بما يقول فقد كفر بما أُنزل على محمّدٍ
“barang siapa yang mendatangi peramal, tukang sihir, dukun lalu membenarkan apa yang dikatakannya maka sungguh ia telah kafir terhadap apa yang diturunkan kepada Muhammad”. (shahih targhiib wa tarhiib al-Albani no.3048)

Adapun pengobatan sihir dengan sihir yang dikenal dalam bahasa arab nusroh (النشرة) termasuk didalamnya pelarangan keras oleh Allah ta’ala. Diriwayatkan dari jabir bin Abdullah
 
سُئل رسول الله صلّى الله عليه و سلّم عن النشرة فقال هو من عمل الشيطان
“rasulullah pernah ditanya tentang an-nusroh, maka beliau menjawab: itu termasuk perbuatan syaiton”. (hadits shahih, HR. Abu Dawud no. 3370 oleh al-Albani)

Sumber: buletin al-Hasanah, medan

Tidak ada komentar: