Berapa Lamakah Waktu Tidur Bayi Yang Ideal?

Berikut adalah beberapa panduan waktu tidur yang dibutuhkan bayi :

1-4 minggu : 15-16 jam per hari
Jam biologis bayi baru lahir belum terbentuk sempurna, jadi wajar jika bayi Anda sering terbangun ketika ia baru saja pulang dari rumah sakit. Bisa juga bayi mengalami masalah dengan sistem pencernaannya, sehingga tidak nyenyak tidur dan sering terbangun. Sedangkan bayi yang lahir prematur cenderung tertidur sepanjang hari. Jika bayi tidak juga bangun di jam minum susu/ASInya, dekaplah ia dalam pelukan Anda dan susuilah ia.
bayi tidur pulas
papertostone.com
1-12 bulan : 14-15 jam per hari
Sesudah 6 minggu sejak kelahirannya, bayi mulai memiliki kebiasaan tidur sendiri. Bayi akan lebih sering terjaga di siang hari dan tidur lebih lama di malam hari. Ia mungkin akan beberapa kali terbangun di malam hari untuk minum susu. Pada usia 6 bulan bayi biasanya memiliki dua kali waktu tidur di pagi dan siang hari, tidak termasuk waktu tidurnya di malam hari. Buat si buah hati mendapatkan manfaat tidur secara maksimal dengan membentuk kebiasaan tidur seiring dengan bertambahnya usianya.

1-3 tahun : 12-14 jam per hari
Pada tahap ini balita mungkin hanya akan tidur selama 10 jam per hari dan melewatkan waktu tidur siangnya. Bagaimanapun juga ada perlu memikirkan manfaat tidur siang bagi perkembangan balita Anda di masa depan, terutama jika ia sudah bersekolah. Jika anak tidur siang selama 1-2 jam maka ia tidak akan mudah mengantuk di sore hari dan tentu saja akan lebih berkonsentrasi saat belajar.

(Dokter Anak)

Oleh : HerbalSunnah

Share yuk mudah2an menjadi pembuka pintu kebaikan bagi sodara anda dan pahala yang semisal bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan

Tidak ada komentar: