INILAH ORANG CERDAS YANG SEBENARNYA

INILAH ORANG CERDAS YANG SEBENARNYA

1. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

 أَفْضَلُ المُؤْمِنِينَ أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا وَ أَكْيَسُهُمْ أَكْثَرُهُم لِلمَوتِ ذِكْرًا وَ أَحْسَنُهُم لَهُ اسْتِعْدَادًا أُولَئِكَ الأَكْيَاسُ
“Orang mukmin yang paling utama adalah orang yang paling baik akhlaknya. Orang mukmin yang paling cerdas adalah orang yang paling banyak mengingat kematian dan paling bagus persiapannya untuk menghadapi kematian. Mereka semua adalah orang-orang cerdas (yang sesungguhnya, pent).” (Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, dan dinyatakan SHOHIH oleh syaikh Al-Albani rahimahullah di dalam Irwa’ul Gholiil no.682. Sedangkan di dalam Silsilatu Al-Ahaadiits Ash-Shohihah no.1384 beliau menilai hadits ini derajatnya HASAN dengan semua jalan periwayatannya).

2. Di dalam hadist lain, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:


الكيس من دان نفسه وعمل لما بعد الموت
“Orang yang cerdas ialah siapa saja yang dapat menundukkan jiwanya (agar selalu taat kepada Allah, pent) dan ia senantiasa beramal untuk hari (akhirat) sesudah kematiannya.”. (hadist ini sanadnya dinyatakan DHO’IF oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-‘Asqolani dan syaikh Al-Albani rahimahumallah).

3. Oleh karenanya, Beliau shallallahu alaihi wasallam memerintahkan para sahabat dan umat Islam agar senantiasa mengingat kematian, sebagaimana sabda Beliau shallallahu alaihi wasallam:

أَكْثِرُوا مِنْ ذِكْرِ هَادِمِ اللَّذَاتِ
“Perbanyaklah mengingat penghancur segala kelezatan (dunia).” Yakni kematian. (Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan An-Nasa’i. Dan dinyatakan SHOHIH oleh Ibnu Hibban).

Demikian Faedah Ilmiyah dan Mau’izhoh Hasanah yg dapat kami sampaikan pd pagi hari ini. Smg bermanfaat bagi kita semua.

Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz MA, حفظه الله
Sumber : BBG Al-ilmuCom

Tidak ada komentar: