ORANG KUAT ITU ? (kacamata islam)

Hercules? Bukan...
Samson? Bukan juga..

Dalam sebuah hadits yang shahih, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Bukanlah orang kuat (yang sebenarnya) dengan (selalu mengalahkan lawannya dalam) pergulatan (perkelahian), tetapi tidak lain orang kuat (yang sebenarnya) adalah yang mampu mengendalikan dirinya ketika marah” ( HR al-Bukhari (no. 5763) dan Muslim (no. 2609).

Inilah kekuatan yang terpuji dan mendapat keutamaan dari Allah Ta’ala, yang ini sangat sedikit dimiliki oleh kebanyakan manusia. (Lihat kitab “Syarhu shahiihi Muslim” (16/162).

ORANG KUAT ITU ? (kacamata islam)

Imam al-Munawi berkata "Makna hadits ini: orang kuat (yang sebenarnya) adalah orang yang (mampu) menahan emosinya ketika kemarahannya sedang bergejolak dan dia (mampu) melawan dan menundukkan nafsunya (ketika itu).

Dan barangsiapa yang mampu mengendalikan dirinya ketika itu maka sungguh dia telah (mampu) mengalahkan musuhnya yang paling kuat dan paling berbahaya (hawa nafsunya)”
(Kitab “Faidhul Qadiir” (5/358). Inilah makna kekuatan yang dicintai oleh Allah Ta’ala.

Penulis: Ust. Abdullah Taslim, Lc., MA.

Broadcasted by Islam itu Indah - Instagram: @islamituindah.id
-----------------------------------------------------------
dibutuhkan donasi perpanjang sewa domain, salurkan ke 3343-01-023572-53-6 (rek bri simpedes) atas nama Atri Yuanda. konfirmasi via whatsapp ke 085362377198. donasi masuk masih nol.;semoga menjadi amal jariah

1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu

ORANG KUAT ITU ? (kacamata islam)
-->