JAGA DO'AMU, JAGA RIZKIMU

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda :

أَيُّهَا النَّاسُ، إِنَّ اللهَ طَيِّبٌ لَا يَقْبَلُ إِلَّا طَيِّبًا، وَإِنَّ اللهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِينَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِينَ، فَقَالَ: {يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا، إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ} [المؤمنون: 51] وَقَالَ: {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ} [البقرة: 172] ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ، يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ، يَا رَبِّ، يَا رَبِّ، وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ، وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ، وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ، وَغُذِيَ بِالْحَرَامِ، فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لِذَلِكَ؟
"Wahai manusia, sesungguhnya Allah Maha Baik dan tidak menerima kecuali yang baik, dan sesungguhnya Allah memerintahkan kepada kaum mukminin dengan apa yang Dia perintahkan kepada para Rasul.


Allah berfirman: {Wahai para rasul, makanlah dari rizqi yang halal dan berbuatlah amal shalih, sesungguhnya Aku mengetahui apa yang kalian kerjakan} QS. Al-Mu’minin:51,
JAGA DO'AMU, JAGA RIZKIMU

dan Allah berfirman: {Wahai orang-orang yang beriman, makanlah rizqi yang halal dari apa-apa yang Kami rizqikan kepada kalian} QS. Al-Baqarah:172.

Kemudian beliau menceritakan kisah seorang lelaki yang melakukan perjalanan yang panjang, pakaiannya compang-camping dan berdebu, dia mengangkat tangannya ke langit berdoa, “wahai Rabbku, wahai Rabbku”! akan tetapi makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan dia tumbuh dari harta yang haram, maka bagaimana mungkin doanya akan dijawab?

[HR. Muslim]

Hadits yang agung ini memperingatkan kita agar jangan berani-berani bermain-main dengan harta haram, karena seperti apapun kita berdoa maka doa kita akan ditolak.

Sebagaimana yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kisahkan, tentang lelaki tadi yang doanya tertolak, padahal dia berada dalam keadaan yang seharusnya doanya pasti dijawab oleh Allah.

Dia dalam kondisi safar (perjalanan jauh), padahal doa musafir tidak tertolak,

lalu dia dalam keadaan terdesak sangat membutuhkan pertolongan Allah, padahal Allah akan menjawab doa orang yang terdesak membutuhkan pertolongan-Nya,

lalu dia telah berdoa dengan mengangkat kedua tangannya, padahal Allah malu apabila tidak menjawab hamba yang mengangkat tangannya ketika berdoa,

lalu dia juga telah berdoa dengan menyeru nama Allah dari asmaul husna “Rabb”, yang seharusnya dengannya Allah akan menjawab doanya.

Namun semua keadaan tersebut tidak bisa membuat doanya diterima, sebabnya adalah karena rizqinya yang tidak halal.

Jadi, jagalah rizki kita dari yang haram agar Allah menerima doa kita..

Ustadz Askar Wardhana, Lc  حفظه الله تعالى

www.suaraaliman.com
Yuk Join di channel TELEGRAM @Suara al-Iman http://goo.gl/GNMEO4
1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu
broadcast whatsapp dakwahpost

JAGA DO'AMU, JAGA RIZKIMU
-->