"Arafah melahirkan banyak manusia bebas dari Neraka"

9 Dzulhijah adalah hari Arafah, hari di mana para salaf saling mengingatkan  untk melakukan keta'atan dengan memperbnyak zikir, takbir, tasbih,tahmid , tahlil , istighfar dan inabah, bahkan doa di hari Arafah adalah sebaik baik do'a.

Rasulullah bersabda : " sebaik baik do'a adalah do'a di hari Arafah ( Hadits shahih riwayat Tirmizi)
Sebagian salaf juga membolehkan kita melakukan ta'rif berkumpul kumpul di masjid untk berzikir dan berdo'a, di antara mereka yang melakukanya adalah Ibnu Abbas, Imam Ahmad juga membolehkan, meskipun beliau tidak melakukanya.
"Arafah melahirkan banyak manusia bebas dari Neraka"

Di hari Arafah ketika jamaah haji sedang wukuf, kita yang tidak sedang berhaji tidak hanya di perintahkan soum Arafah tetapi juga di perintahkan untk melakukan banyak keta'atan kepada Allah termasuk bersedekah menyantuni faqir miskin dan anak anak yatim.

Arafah melahirkan banyak manusia terbebas dari neraka

Dari Ibunda Aisyah Rasulullah bersabda" Tidak ada hari dimana Allah Azza wa jalla membebaskan hamba dari Neraka lebih banyak dari pada hari Arafah..( HR. Muslim).

Hari Arafah hari yang benar benar mulia dalam islam, ibnu taimiyah  berkata: Tidak ada hari yang sangat baik sepanjang tahun kecuali hari Arafah.

Jutaan manusia yang berdiri  menyemut di padang Arafah hari ini dengan berpakaian putih putih menggambarkan pada kita betapa mengerikanya keadaan manusia saat berdesak desakan di padang Mahsyar dalam keadaan matahari yang hari ini jaraknya dengan kita 94 juta mil menjadi 1 mil tepat kepala makhlukNya.

Mari isi hari Arafah kita pagi ini hingga sore hari dengan terus melakukan keta'atan kepada Allah Rabbul Izzati, semoga kita termasuk hamba hamba Allah yang bebas dari jilatan api neraka.
Jangan lupa,! doakan saudara saudara kita di bumi syam di hari Arafah, hari sebaik baik do'a .
Barakallhu fiek.

Edisi Revisi
Oleh: Dede Nurjanata ( Dosen UIT)
1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu
broadcast whatsapp dakwahpost

"Arafah melahirkan banyak manusia bebas dari Neraka"
-->