IMAM SYAFII: nasehat sang guru kepada muridnya

Diriwayatkan bahwa ada seseorang yg bernama Yunus bin 'Abdul A'la. Dia adalah salah seorang murid Imam Syafi'i, ia berbeda pendapat dengan Imam Muhamad bin Idris asy Syafi'i dalam satu permasalahan disaat ia sedang mengajar dimasjid.
IMAM SYAFII: nasehat sang guru kepada muridnya

Kemudian berdirilah Yunus sambil marah & meninggalkan pengajian lalu pulang ke rumah-nya.

Malam tiba. Yunus mendengar suara pintu rumahnya diketuk orang.

"Siapa..?" Tanya Yunus.

"Muhamad bin Idris.." Kata yg mengetuk.

Pikiran Yunus menerawang pada siapa saja yg namanya Muhammad bin Idris.

"Ini Syafi'i.."

Waktu pintu dibuka, Yunus kaget luar biasa..!

Berkata Imam Syafi'i: "Hai Yunus, ratusan masalah menyatukan kita, apakah hanya karna 1 masalah kita berpisah..?"

Jangan-lah engkau berupaya untuk selalu menang dalam setiap perdebatan, karna memenangkan hati lebih utama dari pada memenangkan perdebatan

Jangan kau hancurkan jembatan yg sudah kau bangun & kau seberangi. Karna bisa jadi engkau membutuhkan-nya untuk kembali disatu hari nanti..! Upayakan engkau selalu membenci kesalahan, bukan membenci pelaku-nya

Marahlah engkau pada maksiat, tapi maafkan pelaku-nya. Kritiklah pendapat orang, namun tetap hormatilah orang yang mengatakan-nya. Tugas kita dalam hidup ini adalah membunuh penyakit, bukan membunuh orang yang sakit..!

Jika orang datang pada-mu meminta maaf, berilah maaf..! Kalau engkau didatangi orang bingung, dengarkanlah curhatan-nya..! Jika orang yang butuh datang apad-mu, berilah ia dari sebagian apa yg telah Allah berikan pada-mu. Bila ada yg datang menasihati-mu, berterima kasihlah kpd-nya...!

Meskipun engkau hanya memanen duri disatu hari, tetaplah kau tanam bunga-nya & jangan pernah ragu. Karna balasan dari Zat yang Maha Kasih & Maha Dermawan jauh lebih mulia dari pada balasan manusia.

Wallah A'lam bisshowab

repost from group dakwah whatsapp

Tidak ada komentar: