Fatwa syaikh utsaimin: Hukum Ucapan Selamat Tahun Baru Hijriyah

Soal:
Apa hukum mengucapkan tahniah (ucapan selamat) tahun baru Hijriyah?
Dan bagaimana sikap yang benar jika ada yang mengucapkannya kepada kita?

Jawab:
Kalau ada orang yang mengucapkan tahniah kepadamu, maka balaslah. Inilah sikap yang benar dalam masalah ini. Jika seseorang berkata kepada anda: “selamat tahun baru Hijriyah..“. Maka katakan padanya (semisal ini) : “semoga Allah memberikanmu keselamatan dengan kebaikan-kebaikan dari-Nya, dan semoga Allah menjadikan tahun ini tahun yang baik dan berkah“.

Namun jangan anda memulai ucapan selamat tahun baru kepada orang lain. Karena saya tidak mengetahui adanya riwayat bahwa para salaf saling mengucapkan selamat tahun baru Hijriyah. Bahkan ketahuilah, bahwa para salaf tidak menjadikan bulan Muharram sebagai bulan pertama kecuali pada kekhalifahan Umar bin Khattab radhiallahu’anhu.

Sumber: http://www.sahab.net/forums/?showtopic=133571
Penerjemah: Al-Ustâdz Yulian Purnama
[Sumber: muslim.or.id]

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.
-----------------------------------------------------------
dibutuhkan donasi perpanjang sewa domain, salurkan ke 3343-01-023572-53-6 (rek bri simpedes) atas nama Atri Yuanda. konfirmasi via whatsapp ke 085362377198. donasi masuk masih nol.semoga menjadi amal jariah

1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu

Fatwa syaikh utsaimin: Hukum Ucapan Selamat Tahun Baru Hijriyah
-->