hadits: terdengar suara dalam awan "Siramilah kebun si Fulan"

Dari Abu Hurairah radliallohu 'anhu, Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam bersabda,

"Pada suatu ketika ada seseorang yang sedang berjalan di padang pasir tiba-tiba terdengar suara dari dalam awan, 'Siramilah kebun si Fulan.' Kemudian awan itu menuju ke arah suatu tempat yang banyak batunya, lantas menuangkan airnya (menurunkan hujan).
hadits: terdengar suara dalam awan "Siramilah kebun si Fulan"

Pada tempat yang banyak batunya tersebut ada sebuah parit yang penuh dengan air hingga parit itu pun ikut mengalirkan air. Kemudian di situ ada seorang lelaki yang berada di tengah-tengah m kebunnya sedang membagi-bagi air dengan alat pengukur tanah. Ia kemudian bertanya kepada laki-laki tersebut, 'Wahai hamba Alloh, siapakah namamu?'

Orang itu menjawab, 'Fulan.' Nama yang sama dengan yang pernah didengarnya dari dalam awan tadi.

Kemudian si Fulan bertanya kepadanya, 'Kenapa kamu menanyakan namaku?' Ia menjawab, 'Sesungguhnya saya tadi mendengar suara dari dalam awan, yang kemudian menuangkan air ini. Suara itu berkata, 'Siramilah kebun si Fulan.' persis dengan namamu. Memangnya apa yang telah kamu perbuat?' Fulan menjawab, 'Karena kamu bertanya seperti itu, maka aku jawab. Sebenarnya aku selalu memperhatikan hasil yang dikeluarkan kebun ini. Sepertiga dari hasil itu saya sedekahkan, sepertiga saya makan dengan keluargaku, dan sepertiga lagi saya persiapkan untuk bibit.'"

HR. Muslim no. 2984

Sahabat, semoga kita bisa mengambil ibroh atau pelajaran dari kisah yang dituturkan oleh Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam tersebut.

Sebarkan jika Anda menyukai tulisan ini, insya Alloh pahala besar menanti Anda.

Diteruskan oleh Shirotul Mustaqim Whatsapp Broadcast(SM)
SM Center : +62 813 1100 2755

Tidak ada komentar: