sejarah asal muasal suku betawi di jakarta

menurut ustadz zainal abidin bin syamsuddin lc. Hafidzahullah ta'ala.

Betawi sebenarnya bukanlah penduduk asli jakarta/batavia. Tp org2 betawi ini asal muasalnya mereka adalah budak2 penjajah belanda asal philipina atau thailand laos atau semisal itu yg dipasok masuk ke batavia oleh belanda setelah kekalahan perang yg dialami oleh fatahillah oleh voc belanda di abad 16 yg terusir dari batavia, maka batavia dalam keadaan kosong, maka belandapun memasok budak2nya dari daerah philipina dan thailand untuk dipekerjakan membangun daerah batavia.

"Ini  didasarkan kepada bahasa dialek mereka ada kalau mengatakan saya yang artinya sahaya (budak) maka mereka lebih cenderung memakai kata gue dan ane karna sedikit dipengaruhi bahasa arab juga di daerah dari pada kata saya yg berarti budak, karna mereka asalnya itu memang budak2 pekerja.": kata ustadz dalam ceramah beliau dalam bedah buku beliau yg berjudul fakta baru wali songo.
sejarah asal muasal suku betawi di jakarta

Wallahu'alam bisshowab.

repost dari group dakwah
dibutuhkan donasi perpanjang sewa domain, salurkan ke 3343-01-023572-53-6 (rek bri simpedes) atas nama Atri Yuanda. konfirmasi via whatsapp ke 085362377198. semoga menjadi amal jariah

1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu

sejarah asal muasal suku betawi di jakarta

-->