inilah aturan dan Adab Meminta Izin bertamu kerumah orang lain

Allah subhanahu wata'ala menjadikan agama Islam sebaik-baik agama dan paling sempurnanya agama, sebagaimana firman Allah:

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا (3)
“Pada hari ini telah kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu ni’matKu dan telah Kuridhai islam itu jadi agama bagimu” [Al-Maidah: 3].

Sehingga tidak ada sesuatu apapun di dalam Islam kecuali Allah telah menjelaskannya, seperti halnya meminta izin.
inilah aturan dan Adab Meminta Izin bertamu kerumah orang lain

Meminta izin memiliki aturan-aturan dan adab-adab yang wajib bagi setiap orang yang ingin meminta izin bertamu untuk memperhatikan adab-adab yang ada di dalamnya, di antaranya adalah:

1. Memilih waktu yang sesuai.

Allah berfirman:

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِيَسْتَأْذِنْكُمُ الَّذِينَ مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ وَالَّذِينَ لَمْ يَبْلُغُوا الْحُلُمَ مِنْكُمْ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ مِنْ قَبْلِ صَلَاةِ الْفَجْرِ وَحِينَ تَضَعُونَ ثِيَابَكُمْ مِنَ الظَّهِيرَةِ وَمِنْ بَعْدِ صَلَاةِ الْعِشَاءِ ثَلَاثُ عَوْرَاتٍ لَكُمْ لَيْسَ عَلَيْكُمْ وَلَا عَلَيْهِمْ جُنَاحٌ بَعْدَهُنَّ طَوَّافُونَ عَلَيْكُمْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَعْضٍ كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْآيَاتِ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ (58)}
“Wahai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak(lelaki dan perempuan) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum balig di antara kalian, meminta izin kepada kamu tiga kali(dalam satu hari) yaitu : sebelum sholat subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian(luar)mu di tengah hari, dan sesudah sholat isya’. (Itulah) tiga aurat bagimu. Tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari (tiga waktu) itu. Mereka melayani kamu, sebagian kamu ada keperluan dengan sebagian yang lain. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat bagi kamu. Dan Allah Maha mengetahui lagi Maha bijaksana.” [ An-Nur: 58 ].

2. Mengetuk pintu tiga kali.

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

“Apabila salah seorang diantara kalian meminta izin, maka hendaknya dia meminta izin sebanyak tiga kali, apabila dia tidak diizinkan maka hendaklah ia kembali atau berpaling” [Hr. Bukhori].

3. Mengetuk pintu dengan lembut.

4. Memberi jarak atau selang waktu tatkala mengetuk pintu.

5. Tidak berdiri menghadap pintu.

“Nabi shalallahu alaihi wasallam apabila beliau mendatangi rumah seseorang maka beliau tidak menghadapkan wajahnya ke arah pintu. [HR. Ahmad].

6. Mengucapkan salam sebelum masuk.

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: “Janganlah kalian mengizinkan kepada orang yang tidak memulai dengan salam”. [HR. Abu Nu'aim].

7. Memberi tahu siapa nama kita.

8. Menundukkan pandangan.

9. Pulang ke rumah apabila tuan rumah tidak mengizinkan.

Oleh Al-Ustâdz Rahmat Supriadi
Dikoreksi ulang oleh Al-Ustâdz Abu Ubaidah, Muhammad Yusuf bin Mukhtar bin Munthohir As-Sidawi

MEDIA DA'WAH AL-FURQON
Web : artikel.alfurqongresik.com

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.
dibutuhkan donasi perpanjang sewa domain, salurkan ke 3343-01-023572-53-6 (rek bri simpedes) atas nama Atri Yuanda. konfirmasi via whatsapp ke 085362377198. semoga menjadi amal jariah

1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu

inilah aturan dan Adab Meminta Izin bertamu kerumah orang lain

-->