bagaimana bentuk Syukurnya Anggota Badan kita?

Seseorang bertanya kepada Abu Hazim,

(1). “Apakah syukurnya dua mata itu, wahai Abu Hazim?” Ia menjawab, “Jika kamu melihat kebaikan sebarkanlah, dan jika kamu melihat keburukan tutupilah!” Orang itu bertanya lagi,

(2).“Bagaimana syukurnya dua telinga?” Abu Hazim menjawab, “Jika kamu mendengar kebaikan maka peliharalah dan jika kamu mendengar keburukan maka cegahlah!” Orang itu bertanya lagi, “

(3). Bagaimana syukurnya dua tangan?” Abu Hazim menjawab, “Jangan kamu gunakan ia untuk mengambil barang yang bukan haknya! Juga penuhilah hak Allah yang ada pada keduanya!” Orang itu bertanya lagi,”
tangan anak kecil

(4). Lalu bagaimana syukurnya perut?” Abu Hazim menjawab, “Hendaknya makanan ada di bagian bawah, sedangkan yang atas dipenuhi dengan ilmu!”.Orang itu bertanya lagi,”

(5). Bagaimana syukurnya kemaluan?” Ia menjawab dengan membaca firman Allah Subhaanahu wa ta'ala: “Dan orang-orang yang menjaga kemaluan mereka. Kecuali kepada istri-istri mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki. Maka mereka tidaklah tercela. Dan barangsiapa mencari selain itu semua, merekalah orang-orang yang melampaui batas”.(QS. Al-Mukminun: 5-7). Orang itu bertanya lagi,”

(6). Bagaimana syukurnya dua kaki?” Ia menjawab, “Jika kamu melihat seorang yang shalih meninggal, segera teladani amalannya. Dan jika mayit itu orang yang tidak baik, segera jauhi amal-amal yang dia kerjakan, kamu bersyukur kepada Allah!

Sesungguhnya orang yang hanya bersyukur dengan lisannya itu seperti orang yang memiliki pakaian tetapi ia hanya memegang ujungnya, tidak memakainya. Maka ia pun tidak terlindungi dari panas, dingin, salju dan hujan.”

(Tazkiyatun Nufus, 117-118)

republish from group dakwah whatsapp
Powered by Blogger.