sahabatku, maukah berguguran dosa dan terhapusnya kesalahan kita? baca ini

saudaraku, penyakitmu merupakan sebab diampuninya kesalahan-kesalahan hati, juga pendengaran, penglihatan, lisan(mulut), dan seluruh anggota tubuhmu.

terkadang penyakit itu sebagai hukuman dari suatu dosa yang dilakukan seseorang, sebagaimana firman allah; dan musibah apapun yang menimpah kamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan allah memaafkan banyak (dari surah asy-syura; 30)
menghapus papan tulis

dipercepatnya hukuman atas mukmin didunia justru baik, sehingga dengan begitu allah bisa menghapuskan dosa-dosanya, dan kelak ia dapat berjumpa dengan allah dalam keadaan bersih dan selamat. hadist yang menjelaskan perihal pengampunan dosa karena adanya musibah dan penyakit amat banyak. beberapa darinya dipaparkan disini,

rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: tidaklah seorang muslim itu tertimpa suatu penyakit atau yang sejenisnya melainkan allah menggugurkan dosa-dosa bersamanya, seperti pohon yang menggugurkan daun-daunnya.{shahih: hadist riwayat al-bukhari no 5660 dan muslim no 2571 lafazh ini milik muslim.}

"‏ مَا يُصِيبُ الْمُسْلِمَ مِنْ نَصَبٍ وَلاَ وَصَبٍ وَلاَ هَمٍّ وَلاَ حُزْنٍ وَلاَ أَذًى وَلاَ غَمٍّ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا، إِلاَّ كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا مِنْ خَطَايَاهُ ‏"‏‏
tidaklah seorang muslim ditimpa suatu keletihan, penyakit, kesusahan, kesedihan, gangguan, kegundah-gulanaan, sehingga duri yang menusuknya, melainkan allah akan menghapuskan sebagian dari kesalahannya yang banyak. {shahih hadist riwayat al-bukhari no 5641 dari abu hurairah serta abu sa'id}.

tidaklah seorang mukmin tertimpa sakit yang terus-menerus, kepayahan, penyakit, kesedihan, bahkan sampai pada kesusahan yang menyulitkan dirinya. melainkan akan dengannya dihapuskan dosa-dosa.{shahih hadist riwayat muslim no 2573 dari abu sa'id dan juga dari abu hurairah}.

hadits-hadist ini menunjukkan bahwa segala apa yang menimpa seorang mukmin berupa kesedihan, kesusahan, atau penyakit semuanya itu akan menghapus dosa-dosa seorang hamba.

ان الله ليبتلي عبده بالسقم، حتى يكفر ذلك عنه كل ذنب
rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: sesungguhnya allah benar-benar menguji hambanya dengan penyakit, sehingga ia menghapuskan setiap dosa darinya.{shahih hadist riwayat al-hakim (1/347-348) dari abu hurairah.} lihat silsilah al-ahadist ash-shihah no3393 dan shahih al-jami'isb shagbir no 1870.

sumber: buku doa dan wirid karangan ustadz yazid bin abdul qadir jawas hal.411
ditulis ulang oleh aisyah ummu aziz arrifqi
Powered by Blogger.