saudaraku muslim, inilah Amalan terbaik ketika hidup di zaman fitnah...

Fitnah (musibah ato cobaan) itu ketika datang akan menimpa semua orang dan membutakan siapa saja. Sehingga Alloh menggambarkan fitnah itu,

وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ. 
".....Dan fitnah itu lebih keji dari pembunuhan...."(Al-Baqoroh: 191)

Tapi kita jangan khawatir, karena Rasululloh صلى الله عليه و سلم telah memberitakan akan datangnya masa fitnah, dan beliau juga telah memberikan pengarahan bagaimana jalan terbaik menghadapinya
saudaraku muslim

Diantara amalan terbaik menghadapi zaman fitnah ialah:

Amal terbaik menghadapi fitnah ialah dengan menuntut ilmu. 

Karena di masa fitnah akan tersebar kebodohan. 

Juga tersebar syahwat dan syubhat. Sehingga dengan ilmu bisa terjaga dari terjerumus kedalam fitnah.

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda, “Sesungguhnya menjelang terjadinya kiamat akan ada hari-hari di mana kebodohan menjadi-jadi, ilmu syariat diangkat dan terjadi banyak harj. Harj adalah pembunuhan.” (HR. Bukhari)

Lalu bersegera memperbanyak amal sholih. Tidak menunda-nunda melakukan kebaikan.
Rasululloh صلى الله عليه و سلم bersabda,
بَادِرُوا بِالأَعْمَالِ فِتَنًا كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ يُصْبِحُ الرَّجُلُ مُؤْمِنًا وَيُمْسِى كَافِرًا أَوْ يُمْسِى مُؤْمِنًا وَيُصْبِحُ كَافِرًا يَبِيعُ دِينَهُ بِعَرَضٍ مِنَ الدُّنْيَا
“Bersegeralah melakukan amalan sholih sebelum datang fitnah (musibah) seperti potongan malam yang gelap. Yaitu seseorang pada waktu pagi dalam keadaan beriman dan di sore hari dalam keadaan kafir. Ada pula yang sore hari dalam keadaan beriman dan di pagi hari dalam keadaan kafir. Ia menjual agamanya karena sedikit dari keuntungan dunia” (HR. Muslim, 118).

Diantara amal sholih yang utama ketika zaman fitnah adalah memperbanyak doa, sebagaimana yang Rasululloh perintahkan kita untuk berlindung dari 4 fitnah, yaitu fitnah kubur, azab jahannam, fitnah hidup dan mati serta fitnahnya dajjal ketika tahiyyat akhir. (HR Bukhory Muslim)

Kemudian menjauhi tempat-tempat fitnah dengan segala daya upaya sebagaimana hadits,
Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
"Sesungguhnya menjelang datangnya hari Kiamat akan muncul banyak fitnah besar bagaikan malam yang gelap gulita, pada pagi hari seseorang dalam keadaan beriman, dan menjadi kafir di sore hari, di sore hari seseorang dalam keadaan beriman, dan menjadi kafir pada pagi hari. 

Orang yang duduk saat itu lebih baik daripada orang yang berdiri, orang yang berdiri saat itu lebih baik daripada orang yang berjalan dan orang yang berjalan saat itu lebih baik daripada orang yang berlari. Maka patahkanlah busur-busur kalian, putuskanlah tali-tali busur kalian dan pukulkanlah pedang-pedang kalian ke batu. Jika salah seorang dari kalian dimasukinya (fitnah), maka jadilah seperti salah seorang anak Adam yang paling baik(Habil)”. 

(HR. Imam Ahmad, 4/408; Abu Dawud, 4259; Ibnu Majah, 3215 disohihkan Al-Albany)

Termasuk juga menjauhi fitnah para penguasa, tempat maksiyat dan syubhat, menjauhi firqoh sesat yang menyimpang dari ajaran Salaf As-Solih dan para ulama/dai yang jelek yang menyimpang dari Sunnah, sebagaimana wasiat Rasululloh kepada Hudzaifah bin Yaman. (Bukhory - Muslim)

Semoga kita terjaga dari fitnah.

Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc
1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu
broadcast whatsapp dakwahpost

saudaraku muslim, inilah Amalan terbaik ketika hidup di zaman fitnah...
-->