untuk para orang tua, inilah Solusi Mengatasi Gagap Pada Anak

Gagap merupakan gangguan bicara yang umumnya terjadi pada anak-anak. Kondisi ini biasanya hanya terjadi sementara atau hanya pada masa kanak-kanak saja. Namun, kondisi ini juga dapat bertahan hingga dewasa.

Pada sebagian anak, gagap sebenarnya merupakan salah satu bagian dari pembelajaran menggunakan kata dan berbahasa. Kondisi ini umumnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perlu bantuan ahli. Namun, pada sebagian anak, kondisi ini bisa terus terjadi hingga dewasa.
 Solusi Mengatasi Gagap Pada Anak

Atasi Masalah Gagap dengan Cara Ini :

1.Perhatikan dengan Sabar Ucapan Anak Menghadapi anak yang gagap memerlukan lebih banyak kesabaran. Dengarkanlah dengan baik dan seksama apa yang diucapkan oleh anak Anda. Jangan biarkan ia merasa Anda terganggu atau tidak sabar dalam mendengarkan ia berbicara. Selain itu, sebisa mungkin hindari memotong pembicaraannya atau terus bertanya apa yang ingin ia katakan.

2.Bicara dengan Tenang Selain memerhatikan apa yang ia katakan, cobalah untuk bicara dengan tenang dan perlahan. Buatlah suasana rumah menjadi tenang, nyaman, dan minta anggota keluarga lain untuk juga berbicara dengan tenang kepada anak Anda.

3.Hindari Perkataan Ini Ketika Anda mengetahui anak Anda mengalami gagap bicara, Anda mungkin ingin mengatakan. “Bicaralah perlahan”, atau “Cobalah bicara lebih jelas”  tapi dianjurkan untuk menghindari mengatakan hal tersebut.  Hal ini dimaksudkan agar anak Anda tidak kehilangan kepercayaan dirinya.

4. Ajak Anak Anda Membaca Anda juga bisa mengajak anak Anda untuk membaca dengan suara yang keras. Membaca dengan suara yang keras dapat mengajarkan anak Anda untuk bernapas dengan baik saat berbicara. Meski mungkin awalnya sulit, cobalah untuk membantunya secara perlahan.

(Alodokter)

Tidak ada komentar: