Begini Etika Muslim ketika berinteraksi kepada non-muslim

Allah subhanahu wa ta'ala menganjurkan kita agar selalu berakhlak baik terhadap semua orang. Kebijaksanaan, kasih sayang, dan kebaikan merupakan etika dan akhlak seorang muslim yang harus direalisasikan dalam setiap perilaku dan perkataannya, baik terhadap orang muslim ataupun nonmuslim.

Akhlak yang baik merupakan sarana utama dalam berdakwah kepada nonmuslim untuk menyebarkan agama yang agung ini.
Etika Muslim

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman,

لَّا يَنۡهَٮٰكُمُ ٱللَّهُ عَنِ ٱلَّذِينَ لَمۡ يُقَـٰتِلُوكُمۡ فِى ٱلدِّينِ وَلَمۡ يُخۡرِجُوكُم مِّن دِيَـٰرِكُمۡ أَن تَبَرُّوهُمۡ وَتُقۡسِطُوٓاْ إِلَيۡہِمۡ‌ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلۡمُقۡسِطِينَ (٨)
"Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil." (Al-Mumtahanah: 8).

Yang dilarang dari kita sebagai muslim hanyalah menjadikan mereka pemimpin dan mencintai karena kafir dan musyrik. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman,

إِنَّمَا يَنۡہَٮٰكُمُ ٱللَّهُ عَنِ ٱلَّذِينَ قَـٰتَلُوكُمۡ فِى ٱلدِّينِ وَأَخۡرَجُوڪُم مِّن دِيَـٰرِكُمۡ وَظَـٰهَرُواْ عَلَىٰٓ إِخۡرَاجِكُمۡ أَن تَوَلَّوۡهُمۡ‌ۚ وَمَن يَتَوَلَّهُمۡ فَأُوْلَـٰٓٮِٕكَ هُمُ ٱلظَّـٰلِمُونَ (٩)
"Sesungguhnya allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangimu karena agama dan menguri kamu dari negerimu, dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang zalim." (Al-Mumtahanah: 9).

Sumber bacaan: kitab dalilul muslim
1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu
broadcast whatsapp dakwahpost

Begini Etika Muslim ketika berinteraksi kepada non-muslim
-->