Beginilah Sikap Tawadhu' (Rendah Hati) Yang Benar Kepada Sesama Muslim

Bismillah. Bakr bin Abdullah rahimahullah berkata:

» "Jika engkau melihat orang yang lebih tua darimu, maka katakanlah (di dalam dirimu): "Dia telah mendahuluiku dalam memeluk agama Islam dan melakukan amal sholih. Oleh karenanya, dia lebih baik dariku."

» Jika engkau melihat orang yang lebih muda darimu, maka katakanlah (di dalam dirimu); "Aku telah mendahuluinya dengan perbuatan dosa dan maksiat. Oleh karenanya, dia lebih baik dariku."

» Jika engkau melihat teman-temanmu memuliakan dan menghormatimu, maka katakanlah (di dalam dirimu); "Mereka telah melakukan suatu nikmat."

» Dan Jika engkau melihat kekurangan atau kelalaian dari mereka terhadap dirimu, maka katakanlah (di dalam dirimu); "Hal ini disebabkan dosa yang aku lakukan." (Lihat 'Uyuunu Al-Akbaar, karya Ibnu Qutaibah, I/267).
Beginilah Sikap Tawadhu'

Inilah wasiat mulia dari seorang ulama sunnah kepada kita semua, yaitu agar kita senantiasa bersikap tawadhu' (rendah hati) dan tidak merasa lebih mulia, sombong dan bangga diri di hadapan orang lain dengan kekayaan, kedudukan dan jabatan yang tinggi, popularitas, kecantikan atau ketampanan, banyaknya ilmu dan amal, atau banyaknya pengikut kita. Karena semakin seorang hamba bersikap tawadhu', maka semakin tinggi derajatnya di hadapan Allah dan di hadapan manusia.

» Di dalam hadits yang shohih, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلَّا رَفَعَهُ اللَّهُ
Artinya: "Dan tidaklah seseorang bersikap tawadhu' karena Allah, melainkan Allah akan meninggikan derajatnya." (HR. Muslim no.2588)

Al-Qodhi Iyadh rahimahullah berkata: "Di dalam hadits tersebut terkandung dua makna, yaitu:

(Pertama) : Bahwa Allah Ta'ala memberikan kepadanya kedudukan yang tinggi di dunia sebagai balasan atas sikap tawadhu'nya karena Allah.

(Kedua) : Peninggian derajat merupakan pahala baginya di akhirat sebagai balasan atas sikap tawadhu'nya itu." (Lihat Syarah Shohih Muslim karya Al-Qodhi Iyadh VIII/599).

Demikian Faedah dan Mau'izhoh Hasanah yang dapat kami sampaikan pada pagi hari ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. (Kualalumpur, 25 Januari 2017)

#GRUP MAJLIS HADITS
WA/LINE: 082225243444

Oleh: Muhammad Wasitho Abu Fawaz

(*) Blog Dakwah Sunnah (Pesantren Islam Al-Ittiba' Klaten Jawa Tengah) KLIK: http://abufawaz.wordpress.com

Tidak ada komentar: