Memandang Sesama Muslim Hendaklah Dengan Mata Kasih Sayang

Seorang muslim adalah muslim, dan berhak mendapatkan hak-hak sebagai seorang muslim dari saudaranya. Selama dia tidak melakukan perbuatan yang mengantarkannya pada kekafiran.

Organisasi umat Islam adalah organisasi kaum muslimin, memandangnya sebagai aset, kawan seperjuangan, walau berbeda cara pandang dalam beberapa masalah. Mereka mesti disikapi sebagai saudara, selama tidak melakukan pelanggaran fatal dalam aqidah yang mengeluarkan mereka dari Islam.
Sesama Muslim Hendaklah Dengan Mata Kasih Sayang

Syahidul Islam, Syaikh Hasan Al Banna Rahimahullah berkata:

تجنب غيبة الأشخاص و تجريح الهيئات و لا تتكلم الا بخير
Jauhilah menggunjingkan pribadi-pribadi manusia, dan mencederai kehormatan organisasi-organisasi dan janganlah berkata kecuali yang baik-baik. (Washaya Al 'Asyr No. 8)

Fatwa Al-Lajnah Ad-Daimah no. 7122 terhadap sebuah pertanyaan:

في هذا الزمان عديد من الجماعات والتفريعات وكل منها يدعي الانضواء تحت الفرقة الناجية ولا ندري أيهما على حق فنتبعه ونرجو من سيادتكم ان تدلونا على أفضل هذه الجماعات وأخيرها فنتبع الحق فيها مع إبراز الادلة ؟

الحمد لله والصلاة والسلام على رسوله وآله وصحبه .... وبعد :

كل هذه الجماعات تدخل في الفرقة الناجية إلا من أتى منهم بمكفر يخرج عن أصل الإيمان ، لكنهم تتفاوت درجاتهم قوة وضعفاً بقدر إصابتهم للحق وعملهم به وخطئهم في فهم الأدلة والعمل ، فأهداهم أسعدهم بالدليل فهما للحق وعملا ، فأعرف وجهات نظرهم ، وكن مع أتبعهم للحق وألزمهم له ، ولا تبخس الآخرين اخوتهم في الإسلام فترد عليهم ما أصابوا فيه من الحق بل اتبع الحق حيثما كان ولو ظهر على لسان من يخالفك في بعض المسائل ، فالحق رائد المؤمن وقوة الدليل من الكتاب والسنة هي الفيصل بين الحق والباطل .

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

عضو / عبدالله بن قعود
عضو / عبدالله بن غديان
عضو / عبد الرزاق عفيفي
الرئيس العام / عبدالعزيز بن عبدالله بن باز

Pada zaman ini terdapat banyak jamaah. Semua mengklaim berafiliasi di bawah al-firqah an-najiyyah. Kami tidak mengetahui manakah jamaah yang berada di atas al-haq. Kami mengharap kepada Anda agar menunjukkan kepada kami; manakah jamaah yang paling utama dan paling baik sehingga kami bias mengikuti kebenaran yang ada pada mereka disertai dengan dalil-dalilnya?

Jawaban:

Semua jamah Islam termasuk dalam al-firqatun najiyah, kecuali jika ada di antara mereka melakukan kekufuran yang mengeluarkannya dari dasar keimanan. Akan tetapi, perbedaan kekuatan dan kelemahan derajat mereka tergantung pada kedekatan mereka dengan kebenaran dan penerapannya serta pada kesalahan mereka dalam memahami dalil dan penerapannya. 

Jamaah yang paling banyak mendapat hidayah adalah jamaah yang paling bisa memahami dalil dan mengamalkannya. Oleh karena itu, kenalilah arah pandangan mereka. Bergabunglah bersama mereka yang paling banyak mengikuti kebenaran. Tetapi, janganlah berbuat semena-mena terhadap saudara sesame muslim yang karenanya Anda menolak kebenaran yang mereka lakukan.

Ikutilah kebenaran di mana pun ia berada, sekalipun berasal dari orang yang bertentangan denganmu dalam satu dua masalah. Kebenaran adalah penuntun orang mukmin. Kekuatan dalil dari Kitabullah dan Sunnah merupakan pemisah antar kebenaran dan kebatilan.

Billahit taufiq.

Al-Lajnah Ad-Daimah lil Buhuts wal Ifta’

Ketua Umum: -Abdul Aziz bin Abdullah bin Bazz

Anggota:

-Abdullah bin Hasan Al-Qu’ud
-Abdullah bin Ghudyan
-Abdurrazaq Afifi

Farid Nu'man Hasan
Join Channel: bit.ly/1Tu7OaC
dibutuhkan donasi perpanjang sewa domain, salurkan ke 3343-01-023572-53-6 (rek bri simpedes) atas nama Atri Yuanda. konfirmasi via whatsapp ke 085362377198. donasi masuk masih nol. semoga menjadi amal jariah

1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu

Memandang Sesama Muslim Hendaklah Dengan Mata Kasih Sayang

-->