Siapakah Manusia pertama kali Dihisab pada Hari Kiamat kelak ?

Rosul yang mulia muhammad shallallahu alahi wasallam. Beliau bersabda:

Sesungguhnya manusia yg pertama kali dihisap pada hari Kiamat ialah seseorang yg mati syahid, lalu diperlihatkan kepadanya kenikmatan sehingga ia mengetahuinya dgn jelas, lantas Dia bertanya: 'Apa yg telah kamu lakukan di dunia wahai hamba-Ku? 

Dia menjawab: 'Saya berjuang & berperang demi Engkau ya Allah sehingga saya mati syahid.' Allah berfirman: 'Dusta kamu, sebenarnya kamu berperang bukan karena untuk-Ku, melainkan agar kamu disebut sebagai orang yg berani. Kini kamu telah menyandang gelar tersebut.' Kemudian diperintahkan kepadanya supaya dicampakkan & dilemparkan ke dalam neraka. 

Dan didatangkan pula seseorang yg belajar Al-Qur'an & mengajarkannya, lalu diperlihatkan kepadanya kenikmatan sehingga ia mengetahuinya dgn jelas, Allah bertanya: 'Apa yg telah kamu perbuat? 
Siapakah Manusia pertama kali

' Dia menjawab, 'Saya telah belajar ilmu & mengajarkannya, saya juga membaca Al Qur'an demi Engkau.' Allah berfirman: 'Kamu dusta, akan tetapi kamu belajar ilmu & mengajarkannya serta membaca Al Qur'an agar dikatakan seorang yg mahir dalam membaca, & kini kamu telah dikatakan seperti itu, kemudian diperintahkan kepadanya supaya dia dicampakkan & dilemparkan ke dalam neraka. Dan seorang laki-laki yg di beri keluasan rizki oleh Allah, kemudian dia menginfakkan hartanya semua, lalu diperlihatkan kepadanya kenikmatan sehingga ia mengetahuinya dgn jelas.' Allah bertanya: 'Apa yg telah kamu perbuat dengannya? 

' dia menjawab, 'Saya tak meninggalkannya sedikit pun melainkan saya infakkan harta benda tersebut di jalan yg Engkau ridlai. Allah berfirman: 'Dusta kamu, akan tetapi kamu melakukan hal itu supaya kamu dikatakan seorang yg dermawan, & kini kamu telah dikatakan seperti itu.' Kemudian diperintahkan kepadanya supaya dia dicampakkan & dilemparkan ke dalam neraka. [HR. Muslim No.3527].

Tidak ada komentar: