sulit melupakan mantan pacar? inilah tipsnya, in sya allah manjur

Ada di antara para remaja yang dulu punya mantan pacar. Dan sekarang sudah tahu akan hukum pacaran. Namun sayangnya, mantan pacar terus terbayang, bahkan seringkali kebawa mimpi. Bagaimana mengatasi hal ini?

ORANG MUKMIN HARUS BENCI KEMBALI PADA MAKSIAT YANG PERNAH DILAKUKAN

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ وَجَدَ حَلاَوَةَ الإِيمَانِ مَنْ كَانَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا ، وَمَنْ أَحَبَّ عَبْدًا لاَ يُحِبُّهُ إِلاَّ لِلَّهِ ، وَمَنْ يَكْرَهُ أَنْ يَعُودَ فِى الْكُفْرِ بَعْدَ إِذْ أَنْقَذَهُ اللَّهُ ، كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُلْقَى فِى النَّارِ
“Tiga perkara yang bisa seseorang memilikinya maka ia akan merasakan manisnya iman, yaitu: (1) Allah dan Rasul-Nya lebih ia cintai dari selain keduanya, (2) Ia mencintai saudaranya hanyalah karena Allah, (3) ia benci kembali pada kekufuran setelah Allah menyelamatkan darinya sebagaimana ia tidak suka jika dilemparkan dalam api.” (HR. Bukhari no. 21 dan Muslim no. 43).
sulit melupakan mantan pacar?

TIPS MELUPAKAN MANTAN PACAR

1- Isilah hari-harimu dengan taubat dan sesali terus maksiat yang dulu pernah dilakukan. Kalau serius bertaubat, bertaubat berarti tidak boleh pacaran lagi.

2- Sibukkan diri dengan kebaikan dan hal yang manfaat. Karena kata Ibnul Qayyim, “Siapa yang tidak menyibukkan diri dengan hal yang manfaat pasti ia akan menyibukkan diri dengan hal-hal yang sia-sia.”

3- Hijrah dari lingkungan yang dulu pernah bermaksiat.

4- Jauhi pergaulan dengan orang-orang yang biasa pacaran.

5- Kalau masih mengingat mantan pacar, berusaha mengalihkan pikiran atau bayangkan saja sifat-sifat jeleknya sehingga bisa melupakannya.

6- Hindari bergaul dengan lawan jenis kecuali dalam keadaan perlu.

7- Bertekad serius menikah dan tidak mau pacaran lagi. Cukup ta’aruf dan mengenal pasangan dengan jalan yang benar.

Semoga Allah mudahkan.

Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal
Artikel : remajaIslam.com

Tidak ada komentar: