Tata cara al qur'an dalam menetapkan kenabian Muhammad

KAEDAH MEMAHAMI AL-QURAN

Kaidah ketujuh: Tata cara al qur'an dalam menetapkan kenabian Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Al quran mejelaskan bahwa beliau shallalahu alaihi wassalam adalah nabi yang ummiy tdak dapat membaca dan menulis. Maka sangat tidak mungkin al qur'an  ini berasal dari pemikiran beliau shallalahu  alaihi wassalam semata sementara Allah menantang para ahli bahasa arab untuk membuat uang seperti al qur'an, dan mereka tidak mungkin dapat membuatnya.

Al qura'an menceritakan kisah kisah para Nabi terdahulu secra panjang sesuai dengan kenyataan yang tidak dapat dipungkiri akan kebenarannya. Memastikan bahwa beliau shallalahu alaihi wassalam mendapat wahyu dari Allah Ta'ala.
Tata cara al qur'an dalam menetapkan kenabian Muhammad

Al qur'an menetapkan kesempurnaan hikmah Allah dan kekuasaanNya. Maka orang yang meragukan risalah beliau shallalahu alaihi wassalam berarti telah meragukan hikmah Allah dan kekuasaanNya.

Al qur'an menyifati beliau shallalahu alaihi wassalam dengan sifat yang sempurna berupa akhlak yang indah. Akhlak dan sifat yang tidak dapat disaingi oleh manusia manapun sebagai bukti bahwa beliau shallalahu alaihi wassalam adalah utusan Rabbul 'alamin.

Al qur'an menyebutkan bahwa kitab kitab suci sebelumnya telah memberikan kabar gembira akan kedatangan Rasulullah shallalahu alaihi wassalam dengan menyebutkan namanya, sifatnya dan sifat umatnya.

Al qur'an mengabarkan tentang kejadian kejadian yang telah berlalu dan yang akan terjadi di masa depan sebagai penguatan bahwa beliau shallalahu alaihi wassalam diberikan wahyu.

Al qur'an menetapkan risalah beliau shallalahu allaihi wassalam dengan mukjizat yang luar biasa yang manusia manapun akan lemah di hadapannya.

Dan cara cara lain dari al qur'an dalam menetapkan risalah kenabian beliau shallallahu alaihi wasallam.

sumber: TG Al Fawaid.
1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu
broadcast whatsapp dakwahpost

Tata cara al qur'an dalam menetapkan kenabian Muhammad
-->