KARENA MEMULAI DARI AL QURAN

πŸ’Š Sebuah pertanyaan menarik dilontarkan, "Mengapa para Ulama terdahulu sanggup menguasai banyak cabang ilmu dalam usia muda..?"

πŸ’Ž Jawabannya ternyata sederhana : Mereka memulai ilmu dari Al Quran

πŸ“ŒAl Khatib Al-Baghdadi berkata,

“Selayaknya bagi setiap penuntut ilmu memulai dari menghafalkan Al-Quran.

Karena Al-Quran adalah ilmu yang paling mulia dan yang paling pantas didahulukan.”

(Al-Jaami’ li Akhlaaqir Rawi wa Li Aadabis Saami’)
KARENA MEMULAI DARI AL QURAN

✅ Diceritakan bahwa Ibnu Jarir Ath-Thabari berkata, “Aku menghafal Al-Quran pada usia 7 tahun, aku mulai belajar shalat jama’ah pada usia 8 tahun dan aku mulai menulis hadits pada usia 9 tahun.”

✏Ibnu Khaldun rahimahullaah berkata, “Ketahuilah bahwa mengajarkan Al-Quran kepada anak- anak merupakan bagian dari syi’ar agama Islam dan yang dipraktekkan umat ini. Praktek ini pun tersebar di setiap negeri. Pengaruhnya, hafalan Quran bisa lebih mengokohkan iman.

"Setelah itu barulah kuasai akidah dari ayat-ayat Al-Quran, lalu kuasai sebagian matan hadits.”

⭐ Al-Imam Asy-Syafii telah menghafalkan Al-Quran dengan hafalan yang sangat kuat pada usia 9 tahun. Setahun kemudian beliau telah menghafal kumpulan hadits dalam Kitab Al-Muwatha' Imam Malik, dan pada usia 15 tahun sudah memberikan fatwa.

πŸŒ™ Al-Imam Ibnul Jazari pada usia 14 tahun telah menghafal Al-Quran dengan beragam riwayat dan pada usia yang ke-24 telah diberikan ijazah mufti oleh Al-Hafizh Ibnu Katsir.

πŸ“Œ Maka, mulailah ilmu dan pendidikan dari Al-Quran. Salah satu guru kami mengatakan, "Orang yang telah terbiasa menghafal Al-Quran akan terus merasa lapar untuk menghafal..."
1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu
broadcast whatsapp dakwahpost

KARENA MEMULAI DARI AL QURAN
-->