karena orang yang bangga tidak terangkat amalannya

Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah :

"إذا فتح الله عليك في باب قيام الليل، فلا تنظر للنائمين نظرة ازدراء، وإذا فتح الله عليك في باب الصيام، فلا تنظر للمفطرين نظرة ازدراء، وإذا فتح الله عليك في باب الجهاد، فلا تنظر للقاعدين نظرة ازدراء، فرب نائم ومفطر وقاعد .. أقرب إلى الله منك "
"Apabila Allah membukakan bagimu pintu shalat malam, maka janganlah kamu memandang orang yang tidak shalat malam dengan pandangan meremehkan, dan apabila Allah membukakan bagimu pintu puasa, maka janganlah engkau memandang orang yang tidak puasa dengan pandangan meremehkan, dan apabila Allah membukakan bagimu pintu jihad, maka janganlah engkau memandang orang yang tidak berjihad dengan pandangan meremehkan, Maka kadang-kadang orang yang tidak shalat malam, orang yang tidak puasa, orang tidak berjihad itu lebih dekat kepada Allah dari dirimu".
sendirian

🔹 Dan beliau rahimahullah juga mengatakan :

"وإنك أن تبيت نائماً وتصبح نادماً خير من أن تبيت قائماً وتُصبح معجباً، فإنَّ المُعجَب لا يصعد له عمل". اهـ
Dan sesungguhnya engkau di malam hari tidur kemudian bangun pagi dalam keadaan menyesal itu lebih baik dari pada engkau di malam hari shalat malam kemudian bangun pagi dengan perasaan bangga (dengan shalat malamnya), karena orang yang bangga tidak terangkat amalannya". selesai

📙[Madarijus-salikin (Jilid1/halaman177)]📙

📝 Al-Ustâdz Abul Husain Zaini hafizhahullâh 📝
al-mamujuwy.com

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan Allâh membalas anda dengan kebaikan karena telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.
-----------------------------------------------------------
dibutuhkan donasi perpanjang sewa domain, salurkan ke 3343-01-023572-53-6 (rek bri simpedes) atas nama Atri Yuanda. konfirmasi via whatsapp ke 085362377198. donasi masuk masih nol.semoga menjadi amal jariah

1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu

karena orang yang bangga tidak terangkat amalannya
-->