Tercelanya Berambisi Terhadap Dunia Dan Meninggalkan Akhirat

Pertanyaan :
Mohon nasihatnya, sebagian manusia mereka sangat berambisi untuk memperbanyak mengumpulkan harta dan meninggalkan beramal untuk akhirat.

Jawaban :

Allah ta'ala berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلَا أَوْلَادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَٰلِكَ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ
"Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi." (Al Munafiqun : 9).
syaikh fauzan

Dan Allah subhanahu wa ta'ala juga berfirman :

يُسَبِّحُ لَهُ فِيهَا
"Bertasbihlah kepada Allah di masjid-masjid" (An Nuur : 36). 

Yaitu di masjid-masjid.

يُسَبِّحُ لَهُ فِيهَا بِالْغُدُوِّ وَالْآصَال رِجَالٌ لَا تُلْهِيهِمْ تِجَارَةٌ وَلَا بَيْعٌ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاة
"Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid. Laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah, dan (dari) mendirikan shalat, dan (dari) membayarkan zakat."

Dan Allah ta'ala juga berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
"Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
"Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung."

aka tidak sepantasnya bagi seorang mu'min untuk ia tersibukan dari perkara dunia dan bermalas-malasan dari beramal untuk akhirat. Atau bahkan meninggalkan beramal untuk akhirat. Maka ia pun akan merugi,  Allah jalla wa 'alla berfirman :


فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْخَاسِرُون 
"Maka mereka itulah orang-orang yang merugi."

Dikarenakan ia berambisi untuk meraup dunia seluruhnya. Dan dipahami mereka sebagai orang-orang yang merugi, tatkala mereka menyia-nyiakan agama mereka dan bermudah-mudahan padanya."

dijawab asy Syaikh Shalih al Fauzan hafidzahullah

follow telegram https://web.telegram.org/#/[email protected]
1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu
broadcast whatsapp dakwahpost

Tercelanya Berambisi Terhadap Dunia Dan Meninggalkan Akhirat
-->