Ahli Ibadah yang JAHIL dan ahli ilmu yang FAJIR

 ... Dua orang yang menjadi cobaan paling berat bagi kaum muslimin dalam agamanya.

Sufyan Ats-Tsauri -rohimahulloh- mengatakan:

"Ada yg mengatakan: Berlindunglah kepada Allah dari fitnah yg ditimbulkan oleh ahli ibadah yang jahil, dan ahli ilmu yg fajir, karena fitnah yang ditimbulkan oleh keduanya merupakan fitnah yg nyata bagi siapapun yg terkena fitnah".

[Akhlaqul Ulama, karya: Al-Ajurri, hal: 63]
2 jalan

Kenapa demikian? Alasannya telah dijelaskan oleh Ibnul Qayyim -rohimahulloh-, beliau mengatakan:

"Karena manusia biasanya akan mengikuti ulamanya dan ahli ibadah mereka. Apabila para ulamanya fajir, dan para ahli ibadahnya jahil, maka musibah dari keduanya mudah menyebar, dan fitnahnya menjadi sangat besar pengaruhnya, baik untuk kalangan khusus maupun untuk kalangan umum".

[Miftahu Daris Sa'adah 1/160]
-------

Oleh karenanya, marilah kita kembalikan semua perkara kepada Alquran dan Sunnah, dan pahamilah keduanya sebagaimana pemahaman ulama salaf yg merupakan generasi terbaik umat ini.

Sungguh di akhir-akhir ini, fitnah dari dua jenis orang ini sangat kita rasakan di sekitar kita.. orang yg bergelar profesor atau doktor, tapi banyak membawa pemikiran yg nyeleneh, dan kaum muslimin banyak terfitnah atau tertipu olehnya.

Begitu pula halnya dengan tokoh yg terkenal ibadahnya, tapi kurang dalam ilmu syariatnya.. kaum muslimin mengikutinya tanpa menanyakan dalil amalan yg dibawa, padahal amalan itu tidak ada tuntunannya dari Nabi shallallahu alaihi wasallam sehingga tidak mendatangkan pahala.. atau bahkan membahayakan keamanan dan keutuhan negara.

Saudaraku seiman, sudah saatnya untuk selalu memegang teguh perkataan salah seorang ulama salaf: "Sungguh ilmu (syariat) ini adalah agama, maka lihatlah dari siapakah kalian mengambil agama kalian!".

Semoga Allah meneguhkan kita di atas jalan kebenaran.. dan melindungi kita dari fitnah dua orang di atas, Aamiin.

☕ Silahkan dishare... Semoga bermanfaat ☕                                      

✒ Ditulis oleh Ustadz. Musyaffa Ad Dariny, Lc, MA حفظه الله تعالى

catatan Admin
-Jahil: bodoh dalam pengetahuan yang benar dalam pengamalan ibadah
-fajir: pemikiran nyeleneh, menyimpang, menyesatkan umat dengan pengetahuan Agama lewat pemelintiran makna yang benar ke makna yang zhohirnya benar namun hakikatnya penuh kebathilan
Powered by Blogger.