pembahasan penting tentang najis Anjing dan babi

قال النووي في الروضة وفي وجه شاذ أنه يكفي في غسل ما سوى الولوغ مرة كغسل سائر النجاسات
imam an-Nawawi Rahimahullah berkata dalam kitab Roudlotut Tholibin: “Menurut sebuah pendapat syadz (nyeleneh) najisnya anjing, yang selain dari jilatannya, cara pensuciannya cukup dengan satu basuhan seperti najis-najis lainnya.”

وهذا الوجه قال في شرح المهذب أنه متجه وقوي من حيث الدليل لأن الأمر بالغسل سبعا إنما كان لينفرهم عن مؤاكلة الكلاب
Namun pendapat ini dalam kitab Majmu’ syarah Muhadzdzab beliau menyebutnya sebagai pendapat yang kuat (bukan syadz). Karena dalil hadits yang ada hanya menyuruh kita membasuh 7 (tujuh) kali dari jilatannya saja, dengan alasan agar kita tidak mengajak anjing dalam jamuan makan.
anjing duduk

وهل يغسل من الخنزير كالكلب أم لا قولان الجديد وبه قطع بعضهم نعم لأنه نجس العين فكان كالكلب بل أولى لأنه لا يجوز اقتناؤه بحال.
Dan apakah masalah 7 kali pembasuhan najis anjing ini juga diberlakukan kepada babi?

Menurut Qoul Jadid Imam Syafi’i mengatakan “Iya”. Karena babi hukumnya najis berdasarkan nash al-Qur’an sehingga lebih pantas daripada anjing dalam hal cara pensuciannya.

وقال في القديم أنه يغسل مرة كسائر النجاسات لأن التغليظ في الكلاب إنما ورد قطعا لهم عما يعتادونه من مخالطتها وزجرا كالحد في الخمر
Sedangkan pendapat Qodim as-Syafi’i, cukup membasuh najisnya babi dengan sekali basuhan saja, disamakan dengan najis-najis yang lain.

وهذا القول رجحه النووي في شرح المهذب ولفظه الراجح من حيث الدليل أنه يكفي غسلة واحدة بلا تراب وبه قطع أكثر العلماء الذين قالوا بنجاسة الخنزير
Sekali lagi, an-Nawawi dalam majmu’nya menguatkan pendapat Qodim ini. Karena dalil yang ada hanya mengatakan najisnya babi. Tidak ada dalil yang memerintahkan untuk membasuhnya 7 kali

وهذا هو المختار لأن الأصل عدم الوجوب حتى يرد الشرع لا سيما في هذه المسألة المبنية على التعبد وذكر مثل هذا في شرح الوسيط أيضا
Pendapat imam an-Nawawi ini lebih dipilih. Karena hukum asal tidak adanya kewajiban atas sesuatu kecuali jika ada dalil. Terlebih dalam masalah yang bersifat ta’abbudi seperti ini.

(Kitab Kifayatul Akhyar)

Tidak ada komentar: