Tidak ada kenikmatan bagi orang serakah dan tamak terhadap dunia

قال أبو الدرداء – رضي الله عنه-: من لم يعرف نعمة الله عليه إلا في مطعمه ومشربه فقد قل عمله وحضر عذابه ومن لم يكن غنياً عن الدنيا فلا دنيا له
Abud Darda’ radhiyallahu ‘anhu berkata: 

“Barangsiapa yang tidak mengenali kenikmatan Allah terhadap dirinya selain urusan makanan dan minumannya, maka sungguh sedikit ilmunya dan telah datang adzab untuknya. Dan barangsiapa tidak pernah merasa cukup dengan (harta) dunia, maka ia tidak akan memperoleh (kenikmatan) dunia.” (Lihat Al-Muntaqo An-Nafis Min Kitab Hilyatil Auliya’ Wa Thobaqootil Ashfiya’, I/210, dan kitab Az-Zuhd karya Ibnu Abi Hatim, hal. 48).
tamak terhadap dunia

Yang mesti kita pahami bahwa nikmat Allah yang paling agung bagi seorang hamba di dunia ialah nikmat meraih hidayah Islam, Iman, Tauhid dan Sunnah, serta dapat memahami agama Islam dengan baik dan benar.

Demikian faedah ilmiyah dan mau’izhoh hasanah yang dapat kami sampaikan pada pagi hari ini. Semoga kita menjadi hamba Allah yang mengenali nikmat-nikmat-Nya dan rajin bersyukur kpda-Nya, serta selalu merasa ridho dan puas dengan apa yang Allah anugerahkan kepada kita.

Ustadz Muhammad Wasitho, Lc, MA حفظه الله تعالى
Powered by Blogger.