TEMPAT RUH DI ALAM BARZAKH

📚 Pensyarah Kitab Ath-Thahawiyah Menjelaskan Ruh di Alam Barzakh Sangat Berbeda-beda:

👉 Pertama : Ruh para Nabi, ruh mereka berada di illiyyin paling atas, di dalam golongan para nabi, derajat mereka berbeda-beda.

👉 Kedua: Ruh Syuhada, ruh mereka berada di perut burung hijau yang berkelana di surga seperti yang ia mau. (HR Muslim)

👉 Ketiga: Ruh orang-orang mukmin shalih, "Sesungguhnya ruh orang mukmin adalah burung yang bertengger di pohon surga hingga Allah mengembalikan ke jasadnya pada hari dibangkitkan" (Al-Muwaththa') di shahihkan oleh: Syaikh Al-albani dalam As-silsilah Ash-shahihah.
TEMPAT RUH D ALAM BARZAKH

👉 Keempat: Ruh orang-orang muslim yang berdosa. Pensyarah kitab At-thahawiyah menjelaskan:

➡ Ada sebagian ruh yang tertahan di pintu surga

➡ Ada yang tertahan di kubur ➡ Ada yang di tungku para pezina: di sebuah lubang seperti tungku, bagian atasnya sempit sementara bagian bawahnya luas. Dibawahnya dinyalakan api, saat mendidih mereka naik hingga hampir keluar & bila apinya padam mereka kembali ke dasar, disana terdapat para lelaki & wanita telanjang.

➡ Yang lain berada di sungai darah: Disana ada seseorang tengah berdiri di tengah-tengah sungai & orang lain di hadapannya membawa batu, orang yang ada di sungai itu menghampiri, saat hendak keluar orang yang membawa batu itu melemparkan batunya ke mulut & mengembalikan nya ke tempat semula, setiap kali ia datang untuk keluar, mulutnya dilempar batu kemudian dikembalikan lagi ketempat semula. Mereka adalah para pemakan RIBA, ia diperlakukan seperti itu hingga hari kiamat.

➡ Seseorang yang tengah tidur terlentang & orang lain berdiri diatas kepalanya dengan membawa batu besar, batu itu ia pukulkan dikepala orang itu, ketika dipukulkan batu itu terpental, ia pergi untuk mengambil batu itu & ia tidak kembali kepada orang itu hingga kepalanya sembuh seperti sedia kala ia kembali memukulnya. Dia adalah orang diajari Al-qur'an oleh Allah, pada malam hari ia tidak membacanya & pada siang harinya tidak diamalkan & tidak melaksanakan shalat wajib, ia diperlakukan seperti itu hingga hari kiamat.

➡ Seseorang yang tengah duduk & seorang lainnya berdiri, ditangannya terdapat pengait besi, pengait besi ditusukan ke dalam leher hingga menembus tengkuk, kemudian ditusukan lagi seperti sebelumnya, lehernya kembali sembuh seperti sedia kala, tusukan serupa dilakukan lagi, ia diperlakukan seperti itu hingga hari kiamat. Dia adalah para PENDUSTA. ( HR. Bukhari)

👉 Kelima: Ruh orang-orang kafir. Pensyarah kitab At-Thahawiyah menjelaskan ruh orang-orang kafir berada dibumi.

Syaikh Ibnu Qayyim Rahimahullah menjelaskan, ruh yang berada dibawah bumi tidak bisa naik keatas, maksudnya ruh orang-orang kafir (Ar-ruh Ibnu Qayyim).

Ruh-ruh para Pendusta, Tidak membaca Al-qur'an & tidak mengamalkan & yang tidak melaksanakan shalat wajib, Para pezina, Para pemakan riba, maka ruh-ruh mereka menyertai mereka ditempat mereka disiksa hingga hari kiamat.

Wallahu A'lam.

✍ oleh: Basyir Edi Malin Kayo As-soloki
Powered by Blogger.