Dibalik Hikmah Kesulitan yang menimpa kita

Setiap manusia itu pasti pernah mengalami kesulitan. Namun hendaknya dia yakin di setiap kesulitan itu pasti ada kemudahan, Allah Ta'ala berfirman:

{فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (5) إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (6)}
Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (QS. Al-Insyirah: 5-6)
berdoa di depan kabah

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam mengajarkan kita doa ketika mengalami kesulitan agar Allah memberikan kemudahan.

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً، وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً
Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.

(HR. Ibnu Hibban dalam kitab Shahih-nya no. 2427 (Mawaarid), Ibnus Sunni no. 351. Al-Hafizh berkata: Hadits di atas sahih, dan dinyatakan shahih pula oleh Abdul Qadir Al-Arnauth dalam Takhrij Al-Adzkar oleh Imam An-Nawawi, h.106)

Ketahuilah diantara hikmah dibalik kesulitan itu adalah agar lisan ini selalu berdzikir, berdoa, berharap dan bertawakal kepada Allah, dan ini menunjukkan bahwa manusia itu lemah.

Sehebat apapun ia, sematang apapun rencananya, pasti pernah mengalami kesulitan, karena sesungguhnya manusia itu membutuhkan pertolongan Allah dalam segala urusannya.

Berdoalah agar Allah senantiasa memperbaiki urusan kita dan memudahkannya, Karena Allah sebaik-baik Dzat Yang Maha Mengabulkan permintaan orang-orang yang meminta.

✒ Ditulis oleh Ustadzah Ari Mardiah Joban -hafizhahallah
-----------------------------------------------------------
dibutuhkan donasi perpanjang sewa domain, salurkan ke 3343-01-023572-53-6 (rek bri simpedes) atas nama Atri Yuanda. konfirmasi via whatsapp ke 085362377198. donasi masuk masih nol.semoga menjadi amal jariah

1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu

Dibalik Hikmah Kesulitan yang menimpa kita
-->