HUKUM PUASA 9 AWAL DZULHIJJAH

Pertanyaan:
Ustadz, hadis tentang puasa 9 hari awal bulan Dzulhijjah itu sohih tidak?, jazaakallahukhoiron.

✅Jawaban:
Secara khusus tidak ada hadits yang memerintahkan puasa 9 hari awal Dzulhijjah secara keseluruhan, kecuali hadits yang menjelaskan keutamaan berpuasa ditanggal 9 Dzulhijjah, yaitu hari arafah, sebagaimana yang dilakukan dan dijelaskan nabi shalallahu’alaihi wasallam :

๐Ÿ“šSebagian istri Nabi shalallahu’alaihi wasallam menuturkan:

«ูƒَุงู†َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูŠَุตُูˆู…ُ ุชِุณْุนَ ุฐِูŠ ุงู„ْุญِุฌَّุฉِ، ูˆَูŠَูˆْู…َ ุนَุงุดُูˆุฑَุงุกَ، ูˆَุซَู„َุงุซَุฉَ ุฃَูŠَّุงู…ٍ ู…ِู†ْ ูƒُู„ِّ ุดَู‡ْุฑٍ، ุฃَูˆَّู„َ ุงุซْู†َูŠْู†ِ ู…ِู†َ ุงู„ุดَّู‡ْุฑِ ูˆَุงู„ْุฎَู…ِูŠุณَ» ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ ุฑู‚ู…: 2437
“Adalah Nabi shalallahu’alaihi wasallam berpuasa pada hari 9 Dzulhijjah, hari Asyura’ dan tiga hari setiap bulan dan awal senin dan kamis setiap bulan”. HR Abu Daud. No. 2437
HUKUM PUASA 9 AWAL DZULHIJJAH

Dan puasa tanggal 9 Dzulhijjah (hari Arafah) menghapuskan dosa setahun yang berlalu dan yang akan datang, sebagaimana dalam hadits Nabi shalallahu’alaihi wasallam bersabda::

(ุฃุญุชุณุจ ุนู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุฃู† ูŠูƒูุฑ ุงู„ุณู†ุฉ ุงู„ุชูŠ ู‚ุจู„ู‡ ูˆุงู„ุณู†ุฉ ุงู„ุชูŠ ุจุนุฏู‡) ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู… (ุฑู‚ู…: 1162).
“Aku berharap kepada Allah semoga (puasa 9 Dzulhijjah) menghapus dosa setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya”. H R Muslim (no. 1162).

Akan tetapi Puasa 9 hari awal Dzulhijjah sangat dianjurkan untuk dilakukan, karena termasuk kedalam keumuman hadits yang menjelaskan keutamaan melakukan amal sholeh di 10 awal Dzulhijjah, sebagaimana yang dijelaskan oleh Nabi shalallahu’alaihi wasallam, dan tidak rigarukan bahwa puasa adalah amalan yang sangat agung disisi Allah.

ุนَู†ْ ุงุจْู†ِ ุนَุจَّุงุณٍ ู‚َุงู„َ: ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ: «ู…َุง ู…ِู†ْ ุฃَูŠَّุงู…ٍ ุงู„ْุนَู…َู„ُ ุงู„ุตَّุงู„ِุญُ ูِูŠู‡َุง ุฃَุญَุจُّ ุฅِู„َู‰ ุงู„ู„َّู‡ِ ู…ِู†ْ ู‡َุฐِู‡ِ ุงู„ْุฃَูŠَّุงู…ِ» ูŠَุนْู†ِูŠ ุฃَูŠَّุงู…َ ุงู„ْุนَุดْุฑِ، ู‚َุงู„ُูˆุง: ูŠَุง ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ، ูˆَู„َุง ุงู„ْุฌِู‡َุงุฏُ ูِูŠ ุณَุจِูŠู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ؟ ู‚َุงู„َ: «ูˆَู„َุง ุงู„ْุฌِู‡َุงุฏُ ูِูŠ ุณَุจِูŠู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ، ุฅِู„َّุง ุฑَุฌُู„ٌ ุฎَุฑَุฌَ ุจِู†َูْุณِู‡ِ ูˆَู…َุงู„ِู‡ِ، ูَู„َู…ْ ูŠَุฑْุฌِุนْ ู…ِู†ْ ุฐَู„ِูƒَ ุจِุดَูŠْุกٍ» ุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ ุฑู‚ู…: 2438 .
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda: “Tiada hari hari yang amal sholeh didalamnya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini (yaitu: hari-hari sepuluh Dzulhijjah), mereka bertanya: Bagaimana dengan jihad dijalan Allah? Beliau shalalallahu’alaihi wasallam bersabda: juga jihad diajalan Allah, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya kemudian ia tidak kembali lagi dengan membawa sesuatu apapun (yaitu: ia mati syahid)”. H.R Abu Daud no, 2438.

✅๐Ÿ“‹Kesimpulan:
Disunnahkan berpuasa disembilan hari pertama bulan Dzulhijjah, baik secara keseluruhan atau sebagian hari dan yang paling utama adalah pada hari 9 Dzulhijjah, yaitu hari Arafah. Wallahu a’lam.

Semoga Allah Ta’ala memberikan pertolongan kepada kita untuk berdzikir, bersyukur dan melakukan ibadah yang terbaik kepadaNya, Amiiin.
-----------------
✍Muhammad Nur Ihsan, Hafidzahullah.
๐Ÿ—“STDI Iman Syafi’i , Jember.

Tidak ada komentar: