Sekilas tentang biografi Umar Bin Khottab -radhiallahu anhu-

baca sebelumnya "dan umarpun menangis"

Nama beliau adalah Umar bin Khattab bin Nafiel bin Abdul Uzza atau lebih dikenal dengan Umar bin Khattab. Beliau mempunyai postur tubuh yang tegap dan kuat, wataknya keras, berani, dan berdisiplin tinggi. Dimasa remajanya ia dikenal sebagai petarung yang tangguh dan disegani oleh penduduk Makkah.
tepi pantai

Tidak hanya itu, tutur bahasanya halus dan bicaranya fasih. Kelebihan-kelebihan yang dimilikinya itu mengantarkan Umar terpilih menjadi wakil kabilahnya. Beliau selalu diberi kepercayaan dalam melakukan perundingan dengan suku-suku lain di jazirah Arab. Keunggulannya berdiplomasi mem-buatnya populer di kalangan berbagai suku Arab.

Karena keunggulannya itu Nabi shallalahu alaihi wasallam pernah meminta kepada Allah, “Ya Allah, kuatkanlah Islam dengan salah seorang dari dua orang. Amr bin Hisyam atau Umar bin Khaththab”. Allah pun meperkenankan do’a nabi-Nya dengan masuk Islamnya Umar.

Banyak prestasi yang berhasil diraihnya selama menjabat sebagai khalifah Islam. Dimasa kekhalifaannya Mesopotamia, Mesir, Palestina, Afrika Utara dan Byzantium berhasil di ambil alih. Persia sebagai negara adidaya kedua setelah romawi pun berhasil ditaklukkan, itulah rahasia mengapa Syiah Majusi sangat membencinya.

Selama menjabat sebagai kholifah beliau membuat peraturan untuk para gubernurnya. Diantaranya adalah:

* Mereka tidak boleh memiliki kendaraan mewah
* Mereka dilarang memakai pakaian tipis halus dan mahal harganya
* Dilarang makan makanan yang enak-enak
*Tidak boleh menutup rumah bila masyarakat sedang membutuhkannya.

Beliau wafat pada tahun ke 23 H setelah ditikam oleh Abu lu’lu’ah Al Majusy alahi minallahi ma yastahik. Di makamkan disamping dua sahabatnya Rasulullah –shallallahu alaihi wasallam– dan Abu Bakar As -Shiddiq –radhiallahu anhu–

Rahimakallahu ya Umar…. wa radhiallahu anka..

Demikian semoga bermanfaat.

Catt: Kisra adalah gelar bagi penguasa Persia. Sedangkan kaisar adalah gelar bagi raja Romawi. Saat itu keduanya merupakan pemimpin yang sangat berpengaruh di dunia.
______

Al-Ustadz Aan Chandra Thalib El-Gharantaly
Admin HCt (Hijrah community)
dibutuhkan donasi perpanjang sewa domain, salurkan ke 3343-01-023572-53-6 (rek bri simpedes) atas nama Atri Yuanda. konfirmasi via whatsapp ke 085362377198. semoga menjadi amal jariah

1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu

Sekilas tentang biografi Umar Bin Khottab -radhiallahu anhu-

-->