Mata Pena Buya Hamka

Sebermula Buya Hamka adalah buya paling ternama dari sekian buya yang pernah mengada di ranah bundo kanduang, berjubah taqwa, berbaja iman didada, walau bersilang keris dimuka، nan bana beliau sebut juga, tak takut dipenjara,,,,,,,,

Lebih dari itu, beliau pandeka lahir batin, manari jo langkah sambilan, basilek jo ujung lidah, mananam jo mato pena!

Tanaman beliau berbuah ranum, harum serbak indah mewangi 116 karya tulis berhasil beliau goreskan, mengabadi sepanjang sejarah,,sastra, tafsir, sejarah,,,,, langkok and multi talenta....
Mata Pena Buya Hamka

Di rumah, di rumah sakit, di penjara, atas kapal, dimanapun mata pena beliau terus tajam tiada tumpul, pena itu terus menari mengikuti irama pimikiran, gendang keilmuan, yang beliau tabuh dengan ketekunan, tintanya tiada kering, tinta dibasahi air mata yang mengalir dalam munajat syahdu kepada sang Khalik.... , beliau singa di medan laga, ketua front perjuangan minangkabau, beliau 'abid yang tenggelam diatas sajadah tahajud...

Perhatikan; tafsir Alazhar juz 28, hanya ditulis 10 hari di penjara, juz 18 ditulis 25 hari di Rumah Sakit,,,, Subhanallah!,,,,, bagaimana profesor, doktor abad ini?????(Pustaka Jumat AbssbK 20)

Pantaslah rasanya kita mengikuti langkah Beliau, karna Hamka pun juga mengikuti langkah pendahulunya dari pejuang islam dengan gagah dan gigih memperjuangkan "la ilaha illallah wa muhammadur rasululah"

Lisannya menyuarakan dakwah tauhid, penanya memberantas penyelewengan dan mengajak umat kembali ke jalan yang satu lagi lurus dari jalan yang bersimpang.

Hamka telah mengikuti jejak Ayahnya Haka yang bersama Tuanku Imam Bonjol serta Harimau nan salapan dalam ishlah dan tajdid islam bumi andalas dan Nusantara serta tanah melayu lainnya.

Tak ada alasan baginya untuk tidak berdakwah, hingga namanya dikenang zaman dan masa berterima kasih padanya. Maka ambillah pelajaran darinya wahai para pejuang islam!

Rail

Tidak ada komentar: