Subhanallah, Inilah keutamaan memiliki istri lebih dari 1

Al Imam Al Bukhari rahmatullah 'alaihi meriwayatkan dari 'Ali bin Hakam Al Anshari, dia berkata : Abu 'Awanah telah mengabarkan kepada kami, dari Raqabah, dari Thalhah Al Yami dari Sa’id bin Jubair. Ia berkata:

'Abdullah bin 'Abbas pernah bertanya kepadaku :

هل تزوجت؟ قلت: لا قال : فتزوج, فإن خير هذه الأمة أكثر هم نساء
"Apakah anda telah menikah?" Saya berkata : Belum. Kemudian ia berkata : " Menikahlah, karena sebaik-baik pada ummat ini ialah yang paling banyak istrinya". (HR. Bukhari no. 5069)
3 akhwat

Al-Imam Al-'Aini rahimahullah berkata :

فإن خير هذه الأمة : المراد به رسول الله صلى الله عليه و وسلم. لأنه أكثر نساء وغيره.. ....و إنما قيد بهذه الأمة لأن سليمان أكثر زوجات من رسول الله صلى الله عليه و سلم....و قيل معناه خير أمة محمد من هو أكثر نساء من غيره إذا تساووا في المفضل. الخيرية من هذه الجهة لا مطلقا.
"Sebaik-baik ummat ini : maksudnya ialah Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam karena beliau adalah yang paling banyak istrinya dari selain beliau....dan dibatasi dengan ummat ini, karena Nabi Sulaiman lebih banyak istrinya daripada Rasulullah shallahu alaihi wa sallam....dan dikatakan juga, maknanya (dari hadits ini) adalah : sebaik-baik ummat Muhammad shallahu alaihi wa sallam ialah yang paling banyak istrinya jika mereka setara dalam keutamaan. Yang dimaksud dengan sebaik-baik ummat Kebaikan dari sisi ini saja (banyaknya istri), tidak secara mutlak".

diringkas dari 'Umdatul Qari Syarh Shahih Al-Bukhari hal 11 jilid 14 cet. Darul Fikr

Semoga Allah Ta'ala memudahkan kita menjadi salah satu yang terbaik dikalangan Ummat Nabi Muhammad shallahu 'alaihi wa sallam

baca juga:

kajian islam "poligami yang sesuai sunnah nabi - ustadz syafiq basalamah"
inilah penjelasan ulama makna adil terhadap para istri

By : Abu Hanifah Jandriadi Yasin

Tidak ada komentar: