BERJUMPA DENGAN ALLAH TANPA DOSA

Di antara hikmah di balik musibah yang menimpa seorang mukmin adalah, dihapuskannya dosa-dosa yang ada padanya hingga ia tidak memiliki sedikitpun dosa. Sebuah hikmah yang luar biasa. Sekiranya tidak ada hikmah kecuali satu ini saja, niscaya hal itu sudah sangat dan sangat cukup bagi kita. Namun realitanya masih banyak hikmah-hikmah mulia lainnya. Oleh karena itu, hendaknya kita bersikap sabar, tabah dan tegar, ketika Allah menurunkan cobaan kepada kita. Semoga kita semua diberi taufik dan dimudahkan.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

عَجَبًا  لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ  لِأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ، إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ.
Alangkah menakjubkan urusan seorang mukmin. Sungguh, semua urusannya adalah baik. Dan hal itu tidak didapat kecuali oleh mukmin; bila ia memperoleh kenikmatan lalu bersyukur maka itu baik baginya, dan bila ia tertimpa suatu musibah lalu bersabar maka itu baik pula baginya. (HR. Muslim)

Beliau pun bersabda:

فَمَا يَبْرَحُ الْبَلاَءُ بِالْعَبْدِ حَتَّى يَتْرُكَهُ يَمْشِيْ عَلَى الأَرْضِ مَا عَلَيْهِ خَطِيْئَةٌ.
Ujian itu akan terus menimpa hamba hingga membiarkannya berjalan di atas muka bumi tanpa memiliki sedikitpun dosa. (Hadits hasan shahih. Riwayat Tirmidzi, Ibnu Majah dll.)

Nabi shallallahu alaihi wa sallam juga menjelaskan:

مَا يَزَالُ الْبَلَاءُ بِالْمُؤْمِنِ وَالْمُؤْمِنَةِ فِي نَفْسِهِ وَوَلَدِهِ وَمَالِهِ حَتَّى يَلْقَى اللَّهَ وَمَا عَلَيْهِ خَطِيئَةٌ.
lafadz allah azza wa jallaCobaan akan terus menimpa mukmin laki-laki dan wanita pada diri, anak dan hartanya, hingga dia berjumpa dengan Allah tanpa menanggung sedikitpun dosa. (Hadis Shahih riwayat at-Tirmidzi)

Sekiranya setiap muslim tahu puluhan hikmah di balik musibah, niscaya ia akan memilih jalan kesabaran dari pada sikap keluh kesah.

Semoga Allah senantiasa membimbing kita untuk mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat. Aamiin.

Berlangganan Tulisan : Via Telegram @iccdammamksa

Tidak ada komentar: