nasehat untuk saya yang masih punya orang tua lansia

Dari teman....Buat yang masih punya Orang tua Lansia, atau sdh menjadi Orang tua Lansia, ada tulisan bagus untuk dihayati ....

"UNDERSTANDING YOUR PARENTS"

Jika Anda merasa terganggu dgn Ayah / Ibu / Kakek / Nenek Anda yang sudah berusia lanjut, karena mereka cerewet, suka ngomel, banyak bicara dll.

Silahkan baca artikel ini hingga selesai.

Tahukah Anda bahwa?

"Sebenarnya dengan cerewet, suka cerita, ngomel, dll, ini sebenarnya bentuk Verbal Catharsis", yaitu orang tua mengeluarkan unek2nya sehingga setelah melakukannya hatinya akan menjadi plong, lega & nyaman...seperti baru di infus oxigen bertekanan tinggi.

Selama orang tua masih mau bicara, mengeluarkan pikiran & terutama perasaannya dalam bentuk verbal, ini tentu sangat bagus, dari pada mereka hanya diam saja. Semakin mereka diam, tidak ada komunikasi, maka akan semakin tidak baik bagi diri mereka.

Sebagai anak/cucu kita perlu bijak memahami kondisi & situasi orang tua kita. Seorang ahli hipnoterapis pernah berkata, "Walau saya bisa hipnoterapi, saya tidak akan mensugesti ibu saya agar tenang & tidak cerewet lagi. Memang Ibu saya ini cerewetnya minta ampun. Namun, justru inilah yang membuat beliau bisa tetap sehat & panjang umur. Saat ini beliau berusia 92 tahun."

Ingat, saat kita kecil, kita ini juga cerewetnya minta ampun loh, bicara hal2 yang TIDAK penting, suka meng-ulang2 apa yg sudah dikatakan atau ditanyakan.

Namun, karena saat itu kita msh kecil, masih baru belajar bicara, cerewetnya  dianggap  lucu & menyenangkan.

Tetapi saat seseorang menjadi tua, suka atau tidak suka ia akan kembali seperti anak kecil.

Namun, karena sekarang tubuhnya sudah tua, renta & keriput, cerewetnya tidak lagi lucu & menggemaskan, malah terkesan menjengkelkan.


Oleh karena itu, sayangilah orang tua apa adanya, dengan segala keluguan & kekurangan mereka, selama mereka masih ada bersama kita. Suatu saat nanti, saat suara mereka sudah tidak lagi terdengar, kita pasti akan KANGEN & merasa KEHILANGAN .

Ingat, nanti kita juga akan menjadi tua, renta, keriput & cerewet seperti orang tua kita.

Semoga kita bisa memahaminya.

“Love your parents and treat them with loving care for you will only know their value when you see their empty chair”

Tidak ada komentar: