Shalat Tasbih, Bid’ah atau Sunnah ? yuk baca agar tidak gagal paham

Shalat Tasbih, Bid’ah atau Sunnah

Mohon penjelasan riwayat shalat tasbih yang tercantum dalam kitab I’anatuth Thalibin , hal. 259 dan dalam kitab Nihayatuz Zain, hal. 115

Jawaban:
Tentang shalat tasbih yang ditanyakan, nash haditsnya adalah sebagai berikut,


ﻋَﻦْ ﺍﺑْﻦِ ﻋَﺒَّﺎﺱٍ ﺃَﻥَّ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَـﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ ﻟِﻠْﻌَﺒَّﺎﺱِ ﺑْﻦِ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻤُﻄَّﻠِﺐِ ﻳَﺎ ﻋَﺒَّﺎﺱُ ﻳَﺎ ﻋَﻤَّﺎﻩُ ﺃَﻻَ ﺃُﻋﻄِﻴْﻚُ ﺃَﻻَ ﺃَﻣْﻨَﺤُﻚَ ﺃَﻻَ ﺃَﺣَﺒُﻮِﻙَ ﺃَﻻَ ﺃَﻓَﻌَﻞُ ﺑِـﻚَ ﻋَﺸْﺮَ ﺧِﺼَﺎﻝٍ ﺇِﺫَﺍ ﺃَﻧْﺖَ ﻓَﻌَﻠْـﺖَ ﺫَﻟِﻚَ ﻏَﻔَﺮَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻟَﻚَ ﺫَﻧْﺒَﻚَ ﺃَﻭْﻟَﻪُ ﻭَﺁﺧِﺮَﻩُ ﻗَﺪِﻳﻤـَﻪُ ﻭَﺣَﺪِﻳْﺜَﻪُ ﺧَﻄَﺄَﻩُ ﻭَﻋَﻤْﺪَﻩُ ﺻَﻐِﻴْﺮَﻩُ ﻭَﻛَﺒِـﻴْﺮَﻩُ ﺳِـﺮَّﻩُ ﻭَﻋَﻼَﻧِﻴَـﺘَﻪُ ﻋَﺸْﺮَ ﺧِﺼَﺎﻝٍ ﺃَﻥْ ﺗُﺼَﻠِّﻲَ ﺃَﺭْﺑـَﻊَ ﺭَﻛَﻌَﺎﺕٍ ﺗَﻜْﺮَﺃُ ﻓِﻲ ﻛُﻞِّ ﺭَﻛْﻌَﺔٍ ﻓَﺎﺗِﺤَﺔَ ﺍﻟﻜِﺘَﺎﺏِ ﻭَﺳُﻮﺭَﺓً ﻓَﺈِﺫَﺍ ﻓَﺮَﻏْﺖَ ﻣِﻦْ ﺍﻟْﻘِﺮَﺍﺋَﺔِ ﻓِﻲ ﺃَﻭَّﻝِ ﺭَﻛْﻌَﺔٍ ﻭَﺃَﻧْﺖَ ﻗَﺎﺋِﻢٌ

ﻗُﻠْﺖَ ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺍﻟْﺤَﻤْﺪُﻝِ ﻟِﻠَّﻪِ ﻭَﻻَ ﺇِﻟَـﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻭَﺍﻟﻠﻪُ ﺃَﻛْﺒَﺮُ ﺧَﻤْﺲَ ﻋَﺸْﺮَﺓَ ﻣَﺮَّﺓً ﺛُﻢَّ ﺗَﺮْﻛَﻊُ ﻓَﺘَﻘُﻮﻟُﻬَﺎ ﻭَﺃَﻧْﺖَ ﺭَﺍﻛِﻊٌ ﻋَﺸْﺮًﺍ ﺛُﻢَّ ﺗَﺮْﻓَﻊُ ﺭَﺃْﺳَﻚَ ﻣِﻦْ ﺍﻟﺮُّﻛُﻮﻉِ ﻓَﺘَﻘُﻮﻟُﻬَﺎ ﻋَﺸْﺮًﺍ ﺛُﻢَّ ﺗَﻬْﻮِﻱ ﺳَـﺎﺟِﺪًﺍ ﻓَﺘَﻘُﻮﻟُﻬَﺎ ﻭَﺃَﻧْﺖَ ﺳَـﺎﺟِﺪٌ ﻋَﺸْﺮًﺍ ﺛُﻢَّ ﺗَﺮْﻓَﻊُ ﺭَﺃْﺳَﻚَ ﻣِﻦْ ﺍﻟﺴُّﺠُﻮﺩِ ﻓَﺘَﻘُﻮﻟُﻬَﺎ ﻋَﺸْﺮًﺍ ﺛُﻢَّ ﺗَﺴْـﺠُﺪُ ﻓَﺘَﻘُﻮﻟُﻬَﺎ ﺛُﻢَّ ﺗَﺮْﻓَﻊُ ﺭَﺃْﺳَﻚَ ﻓَﺘَﻘُﻮﻟُﻬَﺎ ﻋَﺸْﺮًﺍ ﻓَﺬَﻟِﻚَ ﺧَﻤْﺲٌ ﻭَﺳَﺒْﻌُﻮﻥَ ﻓِﻲ ﻛُﻞِّ ﺭَﻛْﻌَﺔٍ ﺗَﻔْﻌَﻞُ ﺫَﻟِﻚَ ﻓِﻲ ﺃَﺭْﺑَﻊِ ﺭَﻛَﻌَﺎﺕٍ ﺇِﻥْ ﺍﺳْﺘَﻄَﻌْﺖَ ﺃَﻥْ ﺑُﺼَﻠِّﻴَﻬَﺎ ﻓِﻲ ﻛُﻞِّ ﻳَﻮْﻡٍ ﻣَﺮَّﺓً ﻓَﺎﻓْﻌَﻞْ ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢْ ﺗَﻔْﻌَﻞْ ﻓَﻔِﻲ ﻛُﻞِّ ﺟُﻤُﻌَﺔٍ ﻣَﺮَّﺓً ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢْ ﺗَﻔْﻌَﻞُ ﻓَﻔِﻲ ﻛُﻞِّ ﺷَﻬْﺮٍ ﻣَﺮَّﺓً ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢْ ﺗَﻔْﻌَﻞْ ﻓَﻔِﻲ ﻛُﻞِّ ﺳَـﻨَﺔٍ ﻣَﺮَّﺓً ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢْ ﺗَﻔْﻌَﻞْ ﻓَﻔِﻲ ﻋُﻤُﺮﻙَ ﻣَﺮَّﺓً

“ Dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah bersabda kepada Abbas bin Abdul Muththalib, “Hai Abbas, hai pamanku, maukah engkau aku beri? Maukah engkau aku kasih? Maukah engkau aku beri hadiah? Maukah engkau aku ajari sepuluh sifat (pekerti)? Jika engkau melakukannya, Allah mengampuni dosamu: dosa yang awal dan yang akhir, dosa yang lama dan yang baru, dosa yang tidak disengaja dan yang disengaja, dosa yang kecil dan yang besar, dosa yang rahasia dan terang-terangan, sepuluh macam (dosa). 

Engkau shalat empat rakaat. Pada setiap rakaat engkau membaca al-Fatihah dan satu surat (al-Quran). Jika engkau telah selesai membaca (surat) pada awal rakaat, sementara engkau masih berdiri, engkau membaca, ‘Subhanallah, walhamdulillah, walaa ilaaha illa Allah, wallahu akbar’ sebanyak 15 kali. Kemudian ruku’, maka engkau ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. 

Kemudian engkau angkat kepalamu dari ruku’, lalu ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau turun sujud, ketika sujud engkau ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau angkat kepalamu dari sujud, maka engkau ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau bersujud, lalu ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau angkat kepalamu, maka engkau ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Maka itulah 75 (dzikir) pada setiap satu rakaat. 

Engkau lakukan itu dalam empat rakaat. Jika engkau mampu melakukan (shalat) itu setiap hari sekali, maka lakukanlah! Jika engkau tidak melakukannya, maka (lakukan) setiap bulan sekali! Jika tidak, maka (lakukan) setiap tahun sekali! Jika engkau tidak melakukannya, maka (lakukan) sekali dalam umurmu. ”

Takhrij Hadits
Hadits riwayat Abu Dawud 1297; Ibnu Majah, 1387; Ibnu Khuzaimah, 1216; al-Hakim dalam Mustadrak, 1233; Baihaqi dalam Sunan Kubra, 3/51-52, dan lainnya dari jalan Abdurrahman bin Bisyr bin Hakam, dari Abu Syu’aib Musa bin Abdul Aziz, dari Hakam bin Abban, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas. Sanad ini berderajat hasan.

Hadits ini juga memiliki banyak jalan yang menguatkan, sehingga sangat banyak ulama Ahli Hadits yang menguatkannya. Dalam riwayat lain disebutkan,
ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﺍﻟْﺠَﻮْﺯَﺍﺀِ ﻗَﺎﻝَ ﺣَﺪَّﺛَﻨِﻲ ﺭَﺟُﻞ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﻟَﻪُ ﺻُﺤْﺒَﺔٌ ﻳَﺮَﻭْﻥَ ﺃَﻧَّﻪُ ﻋَﻨَّﻪُ ﻋَﺒْﺪُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺑْﻦُ ﻋَﻤْﺮٍﻭ ﻗَﺎﻝَ ﻗَﺎﻝَ ﻟِﻲ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺍﺋْﺘِﻨِﻲ ﻏَﺪًﺍ ﺍَﺡﺀﺑُﻮﻙَ ﻭَﺃُﺛِـﻴْﺒُﻚَ ﻭَﺃَﻋْﻄِﻴْﻚَ ﺣَﺘَّﻰ ﻇَﻨَﻦﺀﺕُ ﺃَﻧَّﻪُ ﻳُﻌْﻄِﻴﻨِﻲ ﻋَﻄِﻴَّﺔ ﻗَﺎﻝَ ﺇِﺫَﺍ ﺯَﺍﻝَ ﺍﻟﻨَّﻬَﺎﺭُ ﻓَﻘﺜﻢْ ﻓَﺼَﻞّ ﺃَﺭْﺑَـﻊَ ﺭَﻛَﻌَﺎﺕٍ ﻓَﺬَﻛَﺮَ ﻧَﺤَﻮَﻩُ

ﻗَﺎﻝَ ﺛُﻢَّ ﺗَﺮْﻓَﻊُ ﺭَﺃْﺳَـﻚَ ﻳَﻌْﻨِﻲ ﻣِﻦْ ﺍﻟﺴَّﺠْﺪَﺓِ ﺍﻟﺜَّﺎﻟِﻴَﺔِ ﻓَﺎﺳْﺘَﻮِ ﺟَﺎﻟِﺴًﺎ ﻭَﻻَ ﺗَﻘﺜﻢْ ﺣَﺘَّﻰ ﺗُﺴَﺒِّﺢَ ﻋَﺸْﺮًﺍ ﻭَﺗَﺤْﻤَﺪَ ﻋَﺸْﺮًﺍ ﻭَﺗُﻜَﺒِّﺮَ ﻋَﺸْﺮًﺍ ﻭَﺗُﻬَﻠِّﻞَ ﻋَﺸْﺮًﺍ ﺛُﻢَّ ﺗَﺼْﻨَﻊَ ﺫَﻟِﻚَ ﻓِﻲ ﺍﻷَﺭْﺑَﻊِ ﺍﻟﺮَّﻛَﻌَﺎﺕِ ﻗَﺎﻝَ ﻓَﺈِﻧَّﻚَ ﻟَﻮْﻛُﻨْﺖَ ﺃَﻋُﻈَﻢُ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟْـﺄَﺭْﺽِ ﺫَﻧْﺒًﺎ ﻏُﻔِﺮَ ﻟَﻚَ ﺑِﺬَﻟِﻚَ ﻗُﻠْﺖُ ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢْ ﺃَﺳْﺘَﻄِﻊْ ﺃَﻥْ ﺃُﺻَﻠِّﻴَﻬَﺎ ﺗِﻠْﻚَ ﺍﻟـﺴَّـﺎﻋَﺔَ ﻗَﺎﻝَ ﺻَﻠِّﻬَﺎ ﻣِﻦْ ﺍﻟﻠَّﻴْـﻞِ ﻭَﺍﻟﻨَّﻬَﺎﺭ
“ Dari Abul Jauza’, dia berkata, ‘Telah bercerita kepadaku seorang laki-laki yang termasuk sahabat Nabi. Orang-orang berpendapat, dia adalah Abdullah bin Amr, dia berkata, ‘Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadaku, ‘Datanglah kepadaku besok pagi. Aku akan memberimu hadiah, aku akan memberimu kebaikan, aku akan memberimu.’ Sehingga aku menyangka, bahwa beliau akan memberiku suatu pemberian. 

Beliau bersabda, ‘Jika siang telah hilang, berdirilah, kemudian shalatlah empat rakaat’ (Kemudian dia menyebutkan seperti hadits di atas) Beliau bersabda, ‘Kemudian engkau angkat kepalamu –yaitu dari sujud kedua-, lalu duduklah dengan sempurna, dan janganlah kamu berdiri sampai engkau bertasbih sepuluh kali, bertahmid sepuluh kali, bertakbir sepuluh kali, dan bertahlil sepuluh kali. Kemudian engkau lakukan itu dalam empat rakaat. Sesungguhnya, jika engkau adalah penduduk bumi yang paling besar dosanya, engkau diampuni dengan sabab itu.’ Aku (sahabat itu) berkata, ‘Jika aku tidak mampu melakukannya pada saat itu?’ Beliau menjawab, ‘shalatlah di waktu malam dan siang. ’” (HR. Abu Dawud, no. 1298).

Juga diriwayatkan Thabarani dan Ibnu Majah, no. 1386, pada akhir hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ﻓَﻠَﻮْ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﺫُﻧُﻮْﺑُﻚَ ﻣِﺜْﻞَ ﺭَﻣْﻞِ ﻋَﺎﻟِﺞٍ ﻏَﻔَﺮَﻫَﺎ ﺍﻟﻠﻪُ ﻟَﻚَ
“ Seandainya dosa-dosamu semisal buih lautan atau pasir yang bertumpuk-tumpuk, Allah mengampunimu.” (Dishahihlan al-Albani dalam Shahih at-Targhib Wat Tarhib , 1/282).

Ulama yang Melemahkan hadist shalat Tasbih

Sebagian ulama melemahkan hadist shalat tasbih. Di bawah ini di antara ulama yang melemahkan tersebut:

1. Ketika mengomentari hadist shalat tasbih yang diriwayatkan Imam Tirmidzi, Abu Bakar Ibnul A’rabi berkata, “hadist Abu Rafi’ ini dha’if , tidak memiliki asal di dalam (hadist) yang shahih dan yang hasan. Imam Tirmidzi menyebutkannya hanyalah untuk memberitahukannya agar orang tidak terpedaya dengannya.” ( Tuhfzatul Ahwadzi Syarh Tirmidzi , al-Adzkar karya an-Nawawi, hal. 168).

2. Abul Faraj Ibnul Jauzi rahimahullah menyebutkan hadist shalat tasbih dan jalan-jalannya, di dalam kitab beliau al-Maudhu’at, kemudian men-dha’if -kan semuanya dan menjelaskan kelemahannya.

3. Imam adz-Dzahabi rahimahullah menganggapnya termasuk hadist munkar ( Mizanul I’tidal, 4/213. Dinukil dari Mukhtashar Minhajul Qashidin , hal. 32, tahqiq Syaikh Abdullah al-Laitsi al-Anshari).

Ulama yang Menguatkan

Namun, sejumlah ulama besar Ahli hadist telah menguatkan menshahihkan hadist shalat tasbih, di antaranya:

1. Ar-Ruyani rahimahullah berkata dalam kitab al-Bahr, di akhir kitab al-Janaiz , “Ketahuilah, bahwa shalat tasbih dianjurkan, disukai untuk dilakukan dengan rutin setiap waktu, dan janganlah seseorang lalai darinya.”

2. Ibnul Mubarak. Beliau ditanya, “Jika seseorang lupa dalam shalat tasbih, apakah dia bertasbih dalam dua sujud sahwi 10, 10 (sepuluh, sepuluh)?” Beliau menjawab, “Tidak, Shalat tasbih itu hanyalah 300 (tiga ratus) tasbih.” Dalam riwayat ini, Ibnul Mubarak tidak mengingkari shalat tasbih, yang menunjukkan bila beliau membenarkannya ( Al-Adzkar , hal. 169). Imam Tirmidzi rahimahullah berkata, “Ibnul Mubarak dan banyak ulama berpendapat (disyariatkannya) shalat tasbih dan mereka menyebutkan kautamaannya.” ( Al-Adzkar , hal. 167).

3. Al-Hafizh al-Mundziri (wafat 656 H) berkata, “hadist ini telah diriwayatkan dari banyak sahabat Nabi, dan yang paling baik ialah hadist Ikrimah ini. Dan telah dishahihkan oleh sekelompok ulama, di antaranya al-Hafizh Abu Bakar al-Aajuri, Syaikh kami al-Hafizh Abul Hasan al-Maqdisi, semoga Allah merahmati mereka. Abu Bakar bin Abu Dawud berkata, “Aku mendengar bapakku berkata, ‘Tidak ada hadist shahih dalam hadist tasbih, kecuali ini’.” Muslim bin al-Hajjaj berkata, “Tidaklah diriwayatkan di dalam hadist ini sanad yang lebih baik dari ini (yakni isnad hadist Ikrimah dari Ibnu Abbas).” ( Shahih at-Targhib wat Targhib, 1/281, karya al-Mundziri, tahqiq al-Albani).

4. Imam Nawawi rahimahullah (wafat 676 H), beliau membuat satu bab, Bab: Dzikir-dzikir shalat Tasbih, di dalam kitabnya al-Adzkar , hal. 166. Beliau juga menyebutkan perselisihan para ulama tentang hadist-hadist shalat tasbih, dan beliau termasuk ulama yang menyatakan disyariatkannya shalat tasbih.

5. Imam Ibnu Qudamah rahimahullah (wafat 689 H) berkata, “Disukai untuk melakukan shalat tasbih.” ( Mukhtashar Minhajul Qashidin, hal. 47, tahqiq : Syaikh Ali bin Hasan).

6. Syaikh as-Sindi (wafat 1138 H) berkata, “hadist ini (shalat tasbih) telah dibicarakan oleh huffazh (para ulama ahli hadist). Yang benar, bahwa hadist ini hadits tsabit (kuat). Sepantasnya orang-orang mengamalkannya. Orang-orang telah menyebutkannya panjang lebar, dan aku telah menyebutkan sebagian darinya dalam catatan pinggir kitab (Sunan) Abu Dawud dan catatan pinggir kitab al-Adzkar karya an-Nawawi.” ( Ta’liq dalam Sunan Ibnu Majah, 1/442).

7. Syaikh al-Albani rahimahullah menshahihkan hadist shalat tasbih ini dalam kitab Shahih at-Targhib Wat Targhib , 1/281.

8. Syaikh Ali bin Hasan al-Halabi al-Atsari berkata mengomentari perkataan Ibnu Qudamah di atas, “Banyak ulama telah menshahihkan isnad hadist shalat tasbih, dan lihatlah (kitab al-Atsar al-Marfu’ah Fil Akhbar al-Maudhu’ah , hal. 123-143, karya al-Laknawi rahimahullah. Beliau telah mengumpulkan hal itu dengan sangat banyak.” (Catatan kaki Mukhtashar Minhajul Qashidin , hal. 47, tahqiq : Syaikh Ali bin Hasan).

9. Syaikh Salim al-Hilali menshahihkan hadist shalat tasbih dalam kitab beliau Mukaffiratudz Dzunub.

10. Syaikh Abu Ashim Abdullah ‘Athaullah berkata, “Riwayat Abu Dawud; Timidzi; Ibnu Majah; Abdur Razzaq di dalam al-Mushannaf; al-Baihaqi dalam

as-Sunan ; dan al-Hakim di dalam al-Mustadrak; (derajat hadist) shahih li ghairihi. ” (I’lamul Baraya Bi Mukaffiratil Khathaya., hal. 40, taqdim : Syaikh Mushthafa al-Adawi).

11. Selain para ulama di atas, yang juga termasuk menshahihkan hadist shalat tasbih ini ialah Imam Daruquthni, Ibnu Mandah, al-Khathib al-Baghdadi, Ibnu shalah, Ibnu Hajar al-Asqalani, as-Suyuthi, Syaikh Ahmad Syakir, dan lainnya.

Kesimpulan

1. Derajat hadist shalat tasbih adalah shahih li ghairihi, sehingga dapat diamalkan. Adapun para ulama men- dha’if -kannya atau menyatakan bahwa hadist shalat tasbih adalah palsu, karena tidak mendapatkan hadist yang kuat sanadnya. Tetapi, hal ini bukan berarti seluruh sanad hadist shalat tasbih tidak shahih. Karena sebagiannya yang berderajat hasan, kemudian dikuatkan jalan lainnya, sehingga meningkat menjadi shahih li ghairihi. Wallahu a’lam.

2. shalat tasbih hukumnya sunnah, bukan wajib sebagaimana anggapan sebagian orang.

3. Cara shalat tasbih sebagaimana hadist di atas.

4. shalat tasbih dilakukan 4 rakaat dengan satu salam, sesuai dengan zhahir hadist. Ada juga sebagian ulama yang menyatakan dengan dua salam. Wallahu a’lam.

5. Waktunya boleh siang ataupun malam.

Bid’ah Seputar 
shalat Tasbih

Syaikh Salim al-Hilali dalam kitab beliau Mukaffiratudz Dzunub, menyebutkan tiga bid’ah berkaitan dengan shalat tasbih ini, yaitu:

1. Mengkhususkan pada bulan Ramadhan, atau mengkhususkannya pada tanggal 27 Ramadhan.

2. Melakukan secara berjama’ah.

3. Melakukan sehari lebih dari sekali. (Selain bid’ah di atas, ada juga bid’ah lainnya, seperti:)

4. Sebagian kaum muslimin ada yang melakukan setiap selapan (istilah Jawa, yaitu 35 hari) sekali.

Tambahan
Apa yang disebutkan dalam kitab Nihayatuz Zain, hal. 115, bahwa surat yang paling utama dibaca dalam shalat tasbih adalah permulaan surat al-Hadid, al-Hasyr, ash-Shaf, dan ath-Thaghabun. Jika tidak, maka surat al-Zalzalah, al-‘Adiyat, al-Haakum, dan al-Ikhlas, maka kami tidak mengetahui dalil yang jelas tentang hal ini.

Wallahu a’lam .

Demikian juga apa yang dinukil di dalam I’anathuth Thalibin, hal. 259 dari perkataan Imam Suyuthi, bahwa surat yang dibaca adalah al-Haakum, al-‘Ashr, al-Kafirun dan al-Ikhlas, kami tidak mengetahui dalil yang jelas tentang hal ini. Sedangkan di dalam hadist di atas, Rasulullah tidaklah mengkhususkan dengan surat tertentu. Demikianlah penjelasan kami, semoga bermanfaat. Wallahu a’lam.

Sumber: Majalah As-Sunnah, Edisi 11 Tahun VII, 1424 H – 2003 M

Dipublikasikan dengan pengubahan tata bahasa seperlunya oleh redaksi konsultasiSyariah

Tidak ada komentar: