17 KULTWIT PANDUAN SHALAT TARAWIH

17 KULTWIT PANDUAN SHALAT TARAWIH

01- #shalat_tarawih itu sama dengan shalat malam, namun ini khusus dilakukan di bulan ramadhan. Jadi statusnya sama seperti shalat malam. 
02- #shalat_tarawih hukumnya sunnah atas dasar sepakat ulama. Disunnahkan lakukan berjamaah. Baiknya juga shalat ini dijaga satu bulan penuh

03- Rasul bersabda, Siapa yang melakukan qiyam Ramadhan (#shalat_tarawih) atas dasar iman dan mengharap pahala, dosa yang lalu diampuni.

04- Lalu jumlah rakaatnya berapa? Kalau ane sih lebih memilih shalat tarawih itu tidak dibatasi jumlah rakaatnya, jadi boleh 11 atau 23.

05- Kenapa bisa? Bisa aje, karena Rasul tidak pernah membatasi. Rasul tidak melarang jika lebih dari 11. Cuma Rasul memang tidak pernah lebih dari 11.

06- Juga Rasul menyatakan ketika ditanya shalat malam, beliau jawab: shalat malam itu dua rakaat salam, dua rakaat salam tanpa dibatasi 11.

07- Alasan lain, kita diperintah untuk banyak sujud, makin banyak sujud berarti makin dekat dengan Nabi.

08- Juga 23 rakaat ada di masa Umar bin Khattab ketika beliau memerintah Ubay bin Ka'ab untuk melakukan #shalat_tarawih secara berjamaah.

09- Intinya 11 atau 23 rakaat itu tidak masalah. Yang masalah tentu yg tidak shalat. Hmmmm

10- Namun catatan penting yang perlu dipahami, #shalat_tarawih tentu harus memenuhi rukun, di antara rukun adalah thuma'ninah.

11- Thuma'ninah itu artinya TIDAK NGEBUT. Bagaimana bisa thuma'ninah kalau rakaatnya lebih dari 11 namun selesai dalam 7 menit.

12- Lalu #shalat_tarawih ditutup dengan shalat witir dengan rakaat yang ganjil, bisa dengan satu atau tiga rakaat (pola 2-1 atau 3 langsung).

13- Yang terakhir nih, sering ditanya, bagaimana jika kita ingin shalat tahajud lagi padahal sudah tutup dengan witir di shalat tarawih?

14- Tetap boleh, karena jumlah rakaat shalat malam tidak dibatasi. Juga karena Nabi pernah shalat dua rakaat padahal sudah menutup dengan witir.

15- Namun ingat tidak boleh ada dua witir dalam satu malam. Jadi tahajud setelah bangun tidur masih boleh, walau sblmnya sudah tutup witir.

16- Sudah dulu yah ...
Mangan ndesek..

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

reshare from hanifah via whatsapp

Tidak ada komentar: