KAPAN PUASA ASYURO tahun ini ? apakah hari selasa atau rabu

Banyak yang menanyakan perihal kapan waktu puasa Asyuro untuk tahun ini 1438, maklum sekarang ini umat Islam banyak yg hijrah ke kalender Hijriyah dan menghidupkan amalan2 Sunnah.

Ini hanyalah sharing pendapat penulis pribadi dg sebatas ilmu yg dimiliki.

Pertanyaan ini muncul karena adanya perbedaan penentuan awal Muharram 1438, apakah hari Ahad 2 Oktober seperti yg terdapat dalam kalender, ataukah hari Senin 3 Oktober  sebagaimana hasil ruyah sebagian saudara kita.
KAPAN PUASA ASYURO tahun ini ? apakah hari selasa atau rabu

Menurut hemat kami, yg lebih mendekati kebenaran dalam hal ini adalah pendapat bahwa awal Muharram adalah hari senin 3 Oktober karena beberapa alasan:

1. Awal Muharram hari Senin berarti menyempurnakan bulan Dzulhijjah 30 hari, berbeda kalau hari Ahad berarti cuma 29 hari.

Sebagaimana kita tahu bersama bahwa 29 hari itu kalau memang kita melihat hilal, adapun jika tidak maka dg menggenapkan 30 hari.

Dalam hal ini, kita tidak memiliki ruyah yg valid bahwa hilal terlihat pada 29 Dzulhijjah, maka secara kaidah adalah disempurnakan menjadi 30 hari.

2. Awal muharram hari Senin adalah berdasarkan ruyah, sedangkan hari Ahad hanyalah hisab kalender saja, padahal secara hukum syar'i dalam penetapan bulan metodenya adalah dg ruyah dan Ikmal bukan hisab, sebagaimana penjelasan ulama salaf.

3. Awal Muharram hari Senin ada indikasi kuat didukung oleh pemerintah karena kalau kita buka web http://bimasislam.kemenag.go.id , hari jumat ini, hasilnya ada tulisan spt ni:

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DIREKTORAT JENDERAL BIMBINGAN MASYARAKAT ISLAM JUM'AT , 07 OKTOBER 2016 - 5 MUHARRAM 1438 H

Berarti 1 Muharram jatuhnya senin menurut Kemenag.

Juga ketika kita cek http://www.nu.or.id/post/read/71669/pbnu-hilal-tak-terlihat-1-muharram-1438-h-jatuh-hari-senin

Menurut informasi Ust. Irfan Helmi, yang bekerja di MUI pusat bahwa Lajnah Falakiyyah NU ini bekerjasama dg pemerintah/kemenag untuk melakukan ruyah setiap bulan, sehingga hasil ruyahnya diakui oleh pemerintah.

Dengan demikian, setelah kita ketahui bahwa awal Muharram adalah Senin maka konsekwensinya puasa asyuro adalah sebagai berikut:

➡1. Tingkatan pertama (Hari Selasa (9 Muharram/11 oktober) dan rabu (10 Muharram/12 oktober), dan Kamis (11 Muharram /13 Oktober)

➡2. Tingkatan kedua (Puasa hari Selasa dan Rabu)

➡3. Tingkatan ketiga (Puasa hari Rabu saja)

Sekalipun, besar harapan saya agar pemerintah dalam hal ini Kemenag atau MUI merilis penjelasan resmi tentang hal ini agar umat Islam menjalankannya ibadah puasa Asyuro dengan penuh keyakinan. Semoga.

Ini hanya analisa dan pendapat peribadi. Mohon masukannya jika ada kekeliruan.

Ustadz Abu Ubaidah As Sidawi hafidzohulloh
Sumber: CHANNEL LENTERA DAKWAH 

Tidak ada komentar: