adakah Amalan khusus buat suami yang sudah meninggal

Pertanyaan:

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Pak ustadz, Afwan Ana mau tanya adalah Amalan buat suami yang sudah meninggal

جَزَاك اللهُ خَيْرًا

(Dari Sawitri di Taiwan Anggota Grup WA Bimbingan Islam TG-58)

Jawab:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Jika yang dimaksud adalah amalan yang bermanfaat bagi suami setelah dia meninggal, maka sebagai berikut :
adakah Amalan khusus buat suami yang sudah meninggal

Melaksanakan wasiat suami (jika ada), tentunya selama wasiat tersebut tidak mengandung hal-hal yang dilarang dalam islam. Yang dimaksud wasiat disini ialah apa-apa yang dipesankan oleh suami agar dilakukan setelah dia meninggal, baik terkait dengan harta maupun yang lain.

Mengamalkan nasehat dan ilmu yang diajarkan suami kepada anda, karena hal ini otomatis akan menambah pahala suami anda. Sebab Nabi mengatakan bahwa salah satu amalan yang bermanfaat bagi seseorang setelah meninggal ialah ilmu yang dimanfaatkan oleh orang lain.

Mendoakan suami agar mendapatkan ampunan dari Allah, kelapangan dalam kubur, dan terhindar dari fitnah dan siksa kubur, bersedekah dengan meniatkan pahalanya untuk suami anda. melunasi hutang-hutangnya, baik hutang harta maupun hutang puasa wajib (bila ada).

Berbuat baik kepada orang-orang yang dicintai/disayangi oleh suami anda selama hidupnya, seperti karib kerabatnya, sahabat dekatnya, dan sebagainya. Ini termasuk berbakti kepada suami/orang yang sudah meninggal.

Demikian.

Wallaahu a’lam.

Konsultasi Bimbingan Islam Dijawab oleh Al-Ustâdz Dr. Sufyan Baswedan, Lc,. MA

[Sumber: bimbinganislam.com ]

Tidak ada komentar: