renungan bersama "Masing-masing Ajakan Ada Balasannya"

Al-Ustâdz Ibnu_Mukhtar

Segala puji hanyalah milik Allah . Shalawat dan salam untuk Rasulullah. Amma ba’du!

Saudaraku seislam yang saya muliakan, mengajak seseorang kepada ‘sesuatu’ merupakan bagian dari kehidupan manusia. Ada yang mengajak kepada hidayah, ada pula yang mengajak kepada kesesatan. Ada yang mengajak kepada apa-apa yang sesuai Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallama, ada pula yang mengajak kepada apa-apa yang menyelisihinya. 
Masing-masing Ajakan Ada Balasannya

Sungguh kehidupan kita tidak pernah lepas dari aktifitas ajak-mengajak ini meskipun beraneka ragam bentuk dan caranya. Kemanapun kita mengajak apakah kepada hidayah atau kesesatan, apakah kepada sunnah atau bid’ah semua itu ada balasannya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallama bersabda :

مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ الأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلاَلَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنَ الإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا
“Barangsiapa yang mengajak kepada hidayah maka dia mendapatkan pahala seperti pahala orang-orang yang mengikutinya, hal tersebut tidak mengurangi pahala mereka sedikitpun. Dan barangsiapa yang mengajak kepada kesesatan maka dia menanggung dosa seperti dosa orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa-dosa mereka sedikitpun.” [HSR. Muslim rahimahullahu dalam Shhihnya no. 6980, Maktabah Syamilah]

Jadi sebelum mengajak orang melakukan sesuatu, ilmuilah terlebih dahulu hingga kita yakin bahwa apa yang kita serukan, anjurkan atau ajak itu memang ada tuntunannya atau ada dasarnya dari agama kita. Jangan cuma modal 'semangat bin nekat' dalam melakukan sesuatu tanpa berbekal ilmu akhirnya kita jadi sesat dan menyesatkan orang lain.

Semoga Allah menunjuki kita kepada apa2 yang dicintai dan diridhai-Nya..,aamiin

Wa shallallahu wa sallama ‘alaa Nabiyyinaa Muhammad

Kumpulan Hadits-hadits Pilihan Al-Ustâdz Ibnu Mukhtar dalam Telegram : @haditspilihanku

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Tidak ada komentar: