untuk muslimah, inilah batasan aurat yang dibolehkan sesama wanita

Banyak saudari-saudari kita wanita muslimah yang kurang perhatian tentang masalah batasan aurot terhadap sesama wanita, bahkan terkesan ada yang menyepelekan permasalahan ini, padahal masalah ini adalah masalah yang sangat penting untuk diketahui kemudian diamalkan.
inilah batasan aurat yang dibolehkan sesama wanita

Di dalam sebuah hadits, Rasululloh shalallahu alaihi wa salam memperingatkan dengan keras tentang larangan seorang wanita melihat aurat wanita yang lain.

Rosululloh shalallahu alaihi wa salam bersabda:

”Janganlah seorang laki-laki melihat aurot laki-laki yang lain dan jangan pula seorang wanita melihat aurot wanita yang lain...” (HR. Muslim 794)

Imam Nawawi menegaskan,

“Hadits ini menunjukkan tentang haramnya seorang laki-laki melihat aurot laki-laki lain, dan seorang wanita melihat aurot wanita lain, dan masalah ini adalah masalah yang tidak terdapat perselisihan di dalamnya. Demikian pula seorang laki-laki melihat aurot wanita dan seorang wanita melihat aurot laki-laki, maka hal ini diharamkan berdasarkan kesepakatan para ulama. (Syarh Muslim, 4/30, Asy-Syamilah)

Lalu, apakah batasan aurot wanita di depan wanita yang lain?

Syaikhul Albani mengatakan:

“Sedangkan perempuan muslimah di hadapan sesama perempuan muslimah, maka perempuan adalah aurat kecuali bagian tubuhnya yang biasa diberi perhiasan.Yaitu kepala, telinga, leher, bagian atas dada yang biasa diberi kalung, lengan atas yang biasa diberi hiasan lengan, telapak kaki dan bagian bawah betis yang biasa diberi gelang kaki.

Sedangkan bagian tubuh yang lain adalah aurat, tidak boleh bagi seorang muslimah demikian pula mahram dari seorang perempuan tersebut untuk melihat bagian-bagian tubuh di atas dan tidak boleh bagi perempuan tersebut untuk menampakkannya. Dalilnya adalah firman Allah yang tegas: -lalu beliau membawakan QS. An-Nur 31-.” (Talkhish Ahkam Janaiz, hal 30, Asy-Syamilah)

Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.

MEDIA DA'WAH AL-FURQON
Web : artikel.alfurqongresik.com

Tidak ada komentar: