Nasehat Bagi Para Suami Untuk Mencari Rizki Yang Halal

Merupakan kewajiban bagi para suami utk memberi nafkah yg halal bagi keluarganya, dengan nafkah tersebut akan tumbuh keluarga yg harmonis, idaman tiap pasangan.
kakek dan nenek
ilustrasi
Seorang Muslimah pun wajib mendoakan suaminya, berpesan kepada sang suami akan pertanggunganjawabannya atas keluarga utk mencari rizki yg halal, berwasiat kepada sang suami utk berlindung dari harta yg haram. Berkata Ibnu Qudamah rahimahullah menceritakan tentang wasiat istri para salaf kpada sang suami saat keluar mencari nafkah :

"Maka atas dasar ini, dahulu para wanita dari kalangan salaf, apabila salah seorang laki-laki mereka keluar dari rumahnya (untuk mencari nafkah) mereka para istri berpesan :

"Hati-hatilah (engkau wahai suami) dari mencari penghasilan yang haram, sesungguhnya kami mampu bersabar dari kelaparan. Namun kami tidak mampu bersabar dari siksa api neraka."
( Mukhtashor Mihaju Qashidin)

Betapa indahnya keharmonisan sebuah rumahtangga yg terjadi oleh Rizki yg halal, istri yg sholihah taat pada suami, merupakan perhiasan yg tiada tara, suami yg sholih menasehati istri, idaman tiap wanita.

Berusaha meniti jalan baitii jannatii adalah wajib bagi tiap-tiap pasangan, berusahalah, berusaha tidak harus dipenuhi dengan harta yg melimpah, dengan berdo'a mendidik keluarga ke jalan surga, wallahua'lam.

(Saryanto Abu Ruwaifi As Sulaimi)

Tidak ada komentar: