Ancaman Keras Bagi Pria Muslim tinggalkan Sholat Jumat Tanpa Alasan Syar'i

Bismillah. Seorang laki-laki muslim yg telah memenuhi syarat wajibnya sholat Jumat, jika ia meninggalkan sholat Jumat dengan sengaja tanpa ada alasan yg dibenarkan Syari’at maka ia terkena beberapa ancaman keras dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, diantaranya:

1. Allah ta’ala akan mengunci mati hati mereka dari memperoleh hidayah & kebaikan, serta ia tergolong dalam barisan orang-orang yang lalai.

2. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bertekad kuat untuk membakar rumah orang yang meninggalkan sholat Jumat dengan sengaja tanpa alasan syar’i.

3. Orang yang tidak sholat Jumat akan dicatat Allah dalam golongan orang munafik.
Sholat Jumat

» Diantara hadits-hadits shohih yg menunjukkan ancaman tersebut adalah sebagai berikut:

(*) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sungguh hendaknya orang-orang itu berhenti dari meninggalkan (kewajiban) sholat Jum’at, atau (kalau tidak maka) Allah akan mengunci hati-hati mereka kemudian mereka akan menjadi orang-orang yang lalai. (HR. Muslim)

(*) Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda pula: “Sunguh saya bertekad untuk memerintahkan seseorang mengimami sholat (berjamaah) bagi manusia, kemudian saya bakar rumah orang-orang yg meninggalkan (sholat) Jum’at.” (HR. Muslim)

(*) Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda pula: “Barangsiapa meninggalkan sholat Jum’at sebanyak tiga kali karena meremehkannya, maka Allah akan mengunci mati hatinya.” (HR. Abu Dawud; At Tirmidzi; An Nasa’i, Ibnu Majah & Ahmad. Lihat Shohih Al-Jami’ Ash-Shoghir).

(*) Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda pula: “Barangsiapa meninggalkan tiga kali sholat Jum’at tanpa alasan (syar'i), maka dia tercatat sebagai golongan orang-orang munafik.” (HR. Ath-Thobaroni dlm Al-Mu’jam Al-Kabir I/170. Lihat Shohih Al-Jami’ Ash-Shoghir).

✒ Ditulis oleh Ustadz. Muhammad Wasitho Abu Fawaz.LC, MA          

Tidak ada komentar: