IBX5A47BA52847EF Jawaban Jika Ada Yang Menitip Salam

Jawaban Jika Ada Yang Menitip Salam

وَعَلَيْهِ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ
Wa Alaihissalam warahmatullah

“baginya salam dan rahmat Allah”

Catatan:
bagi yang belum belajar bahasa Arab harus memahami kata ganti (dhamir), jika wanita maka diganti menjadi “alaihaa” sedangkan untuk jamak diganti “alaihim”

Kita diperintahkan agar menjawab penghormatan dan salam, jika kita diberi penghormatan atau salam. Kita balasa dengan yang lebih baik atau yang semisalnya.
Jawaban Jika Ada Yang Menitip Salam

Allah Ta’ala berfirman,

“Apabila kamu diberi penghormatan/salam dengan sesuatu penghormatan/salam, Maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa)…..” (An-Nisa’ 86)

Al-Baghawi berkata,

والمراد بالتحية هاهنا ، السلام ، يقول : إذا سلم عليكم مسلم فأجيبوا بأحسن منها أو ردوها كما سلم
“Yang dimaksud dengan penghormatan adalah salam, jika ada seorang muslim yang mengucapkan salam maka jawablah dengan yang lebih baik atau jawablah salam dengan semisal.” (Tafsir Al-Baghawi)

Berikut adalah lafadz jawaban jika ada yang menitip salam. Sebagaimana dalam hadits.

Dari Aisyah berkata: Rasulullah bersabda: “Wahai Aisyah, Tadi Jibril mengirimkan salam kepadamu”. Aku (Aisyah) menjawab: “Dan baginya salam dan rahmat Allah, engkau (Rasulullah) dapat melihat apa yang tak dapat kami lihat”. (HR. Bukhari no. 6249 dan Muslim no. 2447)

Penyusun: Raehanul Bahraen

artikel muslimafiyah.com
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu laptop core i7
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->