Wajib tahu, Inilah 3 syarat sah bertaubat

Al Imam An Nawawi Asy Syafi’i rahimahullah berkata di dalam kitab beliau Riyadhus Shalihin,

التَّوْبَةُ وَاجبَةٌ مِنْ كُلِّ ذَنْب، فإنْ كَانتِ المَعْصِيَةُ بَيْنَ العَبْدِ وبَيْنَ اللهِ تَعَالَى لاَ تَتَعلَّقُ بحقّ آدَمِيٍّ فَلَهَا ثَلاثَةُ شُرُوط: أحَدُها: أَنْ يُقلِعَ عَنِ المَعصِيَةِ. والثَّانِي: أَنْ يَنْدَمَ عَلَى فِعْلِهَا. والثَّالثُ: أَنْ يَعْزِمَ أَنْ لا يعُودَ إِلَيْهَا أَبَدًا.فَإِنْ فُقِدَ أَحَدُ الثَّلاثَةِ لَمْ تَصِحَّ تَوبَتُهُ.

وإنْ كَانَتِ المَعْصِيةُ تَتَعَلقُ بآدَمِيٍّ فَشُرُوطُهَا أرْبَعَةٌ: هذِهِ الثَّلاثَةُ، وأَنْ يَبْرَأَ مِنْ حَقّ صَاحِبِها، فَإِنْ كَانَتْ مالًا أَوْ نَحْوَهُ رَدَّهُ إِلَيْه، وإنْ كَانَت حَدَّ قَذْفٍ ونَحْوَهُ مَكَّنَهُ مِنْهُ أَوْ طَلَبَ عَفْوَهُ، وإنْ كَانْت غِيبَةً استَحَلَّهُ مِنْهَا
3 syarat sah bertaubat
"Mengerjakan taubat itu hukumnya wajib dari segala macam dosa. Apabila kemaksiatan itu terjadi antara seorang hamba dengam Allah Ta'ala saja, tidak ada hubungannya dengan hak seorang manusia yang lain, maka ia memiliki tiga syarat:

1. hendaklah dia berhenti dari kemaksiatan tersebut.
2. hendaknya dia merasa menyesal karena telah melakukan kemaksiatan tadi.
3. supaya berniat kuat untuk tidak akan kembali mengulangi perbuatan maksiat itu untuk selama-lamanya.

Jika tidak terpenuhi salah satu dari tiga syarat tersebut di atas itu maka taubatnya tidaklah sah.

Apabila kemaksiatan itu ada hubungannya dengan sesama manusia, maka syarat-syaratnya itu ada empat macam, yaitu tiga syarat yang tersebut di atas dan keempatnya ialah supaya membebaskan dirinya dari hak orang yang dia ambil.

Bila itu berupa harta atau yang semisalnya, maka wajib dia kembalikan. Bila berupa tuduhan zina atau yang semisal dengan itu, maka hendaklah dia meminta ditegakkan padanya hukum had atau dia meminta maaf. Apabila itu berupa ghibah (gunjingan), maka hendaknya dia meminta penghalalan.

Tidak ada komentar: