ANTARA 10 AWAL DZULHIJJAH DAN 10 AKHIR RAMADHAN.

❓Jika ada yang bertanya : Manakah yang lebih utama, amal ibadah di 10 awal Dzulhijjah atau 10 terkahir Ramadhan?

✅Jawabannya: Amal ibadah dan keta’atan di 10 awal Dzulhijjah lebih utama dari 10 terakhir bulan Ramadhan, sebagaimana Sabda Nabi shalallahu’alaihi wasallam:

(ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام العشر، قالوا: ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله، إلا رجل خرج بنفسه وماله فلم يرجع من ذلك بشيء) رواه أحمد رقم: 1968
“Tiada hari hari yang amal sholeh didalamnya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari sepuluh (yaitu : 10 awal Dzulhijjah), mereka bertanya: bagaimana dengan jihad dijalan Allah? Beliau shalalallahu’alaihi wasallam bersabda: juga jihad diajalan Allah, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya kemudian ia tidak kembali lagi dengan membawa sesuatu apapun (artinya: ia mati syahid)”. H.R Ahmad, no. 1968.
10 AWAL DZULHIJJAH DAN 10 AKHIR RAMADHAN.

🔵Kemungkinan jawaban diatas terasa aneh bagi orang -orang awam, akan tetapi itulah sabda nabi shalallahua’alaihi wasallam yang tidak berbicara dengan hawa nafsu akan tetapi hanya dengan wahyu yang diturunkan kepadanya.

📚Para ulama menjelaskan, bahwa hari-hari yang paling utama dalam setahun adalah hari 10 awal Dzulhijjah dan malam-malam yang paling utama dalam setahun adalah malam -malam 10 terakhir bulan Ramadhan yang didalamnya terdapat Lailaturl Qadar yang lebih baik dari 1000 bulan.

⚫Oleh karenanya: mari kita merlombah-lombah untuk melakukan seluruh amal sholeh yang mampu kita lakukan di hari-hari 10 awal Dzulhijjah ini, seperti: sholat, puasa, haji, shadaqoh, dzikir, birrul walidain, silaturrahim dll.

Wallahu’ Muwaffiq.

📝Muhammad nur Ihsan, hafidzahullah.
jember, 4 Dzulhijjah 1438 H/ 26 Agustus 2017 M.
Info Penting:
dengan klik share, anda telah membantu admin terus semangat update artikel dan jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

No comments: