BIOGRAFI Asy-Syaikh Shalih bin Ghanim As-Sadlan rahimahullah

INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI ROJI'UN !, Telah Wafat..Al-'Allamah Al-Faqih Asy-Syaikh Prof. DR. Shalih bin Ghanim As-Sadlan. (Guru Besar Fiqih Universitas Muhammad bin Su'ud, Riyadh, Saudi Arabia) Semoga Allah Ta'ala mengampuni & merahmatinya..
----------------------------------------------------------------

BIOGRAFI Asy-Syaikh Shalih bin Ghanim As-Sadlan !

Beliau bernama Abu Ghanim Shalih bin Ghanim As-Sadlan.Dilahirkan pada tahun 1362 H di kota Buraidah, Qashim, KSA. Beliau memulai menuntut ilmu dengan menghafal Al-Qur’an di bawah bimbingan ayahanda beliau yang terhitung sebagai guru pertama beliau. Beliau belajar ilmu aqidah, faraidh, hadits dan nahwu di bawah bimbingan ayahanda beliau tersebut. 

BIOGRAFI Asy-Syaikh Shalih bin Ghanim As-Sadlan
Kemudian beliau masuk Madrasah Tahfizhul Qur’an di Riyadh. Kemudian beliau diterima di Ma’had Ilmiyah Mutawassitah lalu meneruskannya hingga tingkatan Tsanawiyah di Universitas Muhammad bin Su’ud Riyadh, beliau merampungkan studi pada tahun 1381 H.

Pada tahun 1386 H beliau berhasil meraih gelar Lc (S1) Fakultas Syariat Universitas Islam Imam Muhammad bin Su’ud. Pada tahun itu juga beliau mulai diangkat sebagai staf pengajar di Departemen Pendidikan. Kemudian pada tahun 1391 beliau berhasil meraih gelar Master (S2) dalam bidang Fiqih Kontemporer. Tesis yang beliau tulis berjudul Syuruth fin Nikah.

Pada tahun 1395 H beliau ditunjuk menjadi salah satu pemateri di Fakultas Syariat. Akhirnya beliau berhasil meraih gelar Doktor (S3) di bidang Fiqh Kontemporer dari Ma’had ‘Ali Lil Qadha’ Riyadh pada tahun 1403 H. Disertasi yang beliau tulis berjudul An-Niyyah wa Atsaruha fil Ahkamisy Syar’iyyah.

Sejak saat itu beliau menjadi asisten guru besar, lalu menjadi guru besar kemudian naik menjadi guru besar jurusan Fiqih sampai sekarang.
------------------------------------------------------------------

GURU-GURU beliau rahimahullah yang terkenal adalah:

1) Ayahanda beliau, Asy-Syaikh Ghanim As-Sadlan. Beliau menghafal Al-Qur’an 30 Juz dan beberapa disiplin ilmu lainnya di bawah bimbingannya.

2) Mufti Saudi pertama, Al-'Allamah Asy-Syaikh Muhammad bin Ibrahim Alu-Syaikh. Beliau belajar ilmu aqidah, hadits dan fiqih di bawah bimbingannya. Beliau banyak sekali menimba faidah ilmu dari Syaikh Muhammad hingga beliau berkata: “Di samping keilmuannya yang kuat dan mengagumkan, beliau (Syaikh Muhammad) juga memiliki metode tarbiyah yang handal. Inilah sebabnya mayoritas ulama negeri ini banyak mengambil faidah dari beliau. Dan banyak ulama yang lahir dari polesan tangan beliau rahimahullah rahmatan wasi’ah.”

3) Mufti Saudi berikutnya, Al-'Allamah Samahatusy Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz. Beliau mendalami ilmu aqidah, fiqih di bawah bimbingannya. Beliau biasa menghadiri majlis-majlis ilmu Syaikh Ibnu Baz di Ma’had ‘Ali lil Qadha’.

4) Al-'Allamah Al-Mufassir Asy-Syaikh Muhammad Al-Amin Asy-Syinqithi rahimahullah. Beliau banyak menimba faidah ilmu ushul fiqh dan tafsir darinya.

5) Al-'Allamah Asy-Syaikh Abdurrazzaq ‘Afifi. Beliau mempelajari ilmu tafsir, hadits dan ushul darinya. Beliau sangat terkesan dengan metodeloginya dalam mengajar. Dimana materi ilmiyah yang disampaikan Syaikh Abdurrazzaq tidak monoton, sistematis dan terarah, disajikan dengan metode yang menarik.

6) Asy-Syaikh Manna’ Al-Qaththan. Beliau banyak menimba faidah darinya sewaktu beliau belajar di bangku universitas. Beliau belajar ilmu tafsir dan ushul di bawah bimbingannya. Syaikh Manna’ juga memiliki metodelogi yang menarik dan mengesankan dalam mengajar.

7) Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Muhammad bin Dawud, Asy-Syaikh Abdul Aziz Zahim, Asy-Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan, Asy-Syaikh Muhammad Nashir Ath-Thureim, Asy-Syaikh Abdullah bin Jibrin, Asy-Syaikh Muhammad bin Abdurrahman bin Qasim dan masih banyak yang lainnya.

KARYA-KARYA ILMIAH beliau rahimahullah:

Ada sekitar dua puluh (20) buku yang rata-rata sudah dicetak, di antaranya: At-Taubah Ilallah, An-Niyyah wa Atsaruha fil Ahkamisy Syar’iyyah, Al-Idhah fi Syuruthin Nikah, Shalatul Jama’ah wa Ahkamuha wa Maa Yaqa’u fiiha min Bida’, Wujubu Tathbiq Syariatil Islam, Zakatul Ashum wa Sanadat wa Awraqil Maliyah, Al-Hukmu bi Qhairi Ma Anzalallahu Bawa’itsuhu wa Asbabuhu wa Ahkamuhu, Ususul Hukmi fisy Syari’ah Islamiyyah, An-Nusuz, Asbabuhu, wa Thuruqu ‘Ilajihi fidh Dhau’il Kitab was Sunnah, Dzikrun wa Tadzkir, Al-Masjid wa Dauruhu fit Tarbiyyah wat Taujih, Al-Ansyithah Ad-Da’awiyah fil Mamlakah wa Atsaruha. Dan berbagai pembahasan-pembahasan dan makalah-makalah lainnya.

Beliau juga sering mengikuti berbagai seminar-seminar Islam internasional di dalam dan di luar negeri. Beliau juga turut berperan aktif dalam berbagai amal-amal islami di samping tugas beliau sebagai dosen di universitas. Beliau berperan sebagai konsultan (penasehat) untuk beberapa lembaga dan instansi di dalam dan luar negeri.

Semoga Allah subhanahu wa ta'ala meninggikan derajatnya dan memasukkannya ke dalam Surga Firdaus !
https://www.facebook.com/saudi.channel/photos/a.1626929704204088.1073741828.1626926704204388/2088169701413417/?type=3&theater

Tidak ada komentar: