Ada Apa di dalam Pujian (surat al-fatihah) ?

๐Ÿ”Š Allah azza wajalla berfirman,

ุงู„ْุญَู…ْุฏُ ู„ِู„َّู‡ِ ุฑَุจِّ ุงู„ْุนَุงู„َู…ِูŠู†َ
๐Ÿ‘‰ Segala puji bagi Allah Rabb semesta Alam. (Qs. Al-Fatihah : 2)

๐Ÿ“œ Di dalamnya terdapat dalil yang menunjukkan kesempurnaan sifat Allah dan juga menunjukkan kesempurnaan nikmat-nikmat yang Allah karuniakan kepada hamba-hambaNya. Karena, pujian yang bersifat muthlak tidak diperuntukkan kecuali kepada Dzat yang sempurna sifatnya dan tindakannya.
surat al-fatihah

๐Ÿ“œ Di dalam ungkapan, ู„ِู„َّู‡ِ (bagi Allah), terdapat dalil yang menunjukkan keilahiyahan Allah, bahwa Dia adalah sesembahan yang hak. Adapun selain-Nya yang dipertuhankan dan disembah adalah batil.

๐Ÿ“œ Di dalam ungkapan, ุฑَุจِّ ุงู„ْุนَุงู„َู…ِูŠู†َ (Rabb semesta Alam), terdapat penetapan akan sifat Rububiyah Allah. Rabb, adalah yang mencipta, yang menguasai, dan yang mengatur. Maka, tidak ada pencipta kecuali Allah, tidak ada penguasa kecuali Allah, dan tidak ada yang mengatur alam ini kecuali Allah.

๐Ÿ“œDan di dalam ungkapan, ุฑَุจِّ ุงู„ْุนَุงู„َู…ِูŠู†َ (Rabb semesta Alam), terdapat dalil yang menunjukkan bahwa semesta alam membutuhkan kepada Allah. Karena, tidaklah mungkin alam ini mengatur dirinya sendiri kecuali dengan adanya Rabb (Dzat yang mengaturnya, yaitu Allah).

๐Ÿ“œ Di dalam ungkapan, ุฑَุจِّ ุงู„ْุนَุงู„َู…ِูŠู†َ (Rabb semesta Alam) juga terdapat dalil yang menunjukkan bahwa alam semesta ini merupakan tanda yang menunjukkan kepada Allah, sungguh keteraturan, keserasian dan keindahan alam ini merupakan dalil yang menunjukkan kepada kesempurnaan penciptanya, yaitu Allah azza wajalla.

✒ (Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, Ahkamun Min al-Qur’an, 1/24) ๐Ÿ“š
--------๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด--------

๐Ÿ“ป Al-Sofwa Channel

Tidak ada komentar: