Apa Yang Seharusnya dilakukan pada HARI JUM’AT…

Bismillah

Akhi Ukhti…
Kebodohan membuat kita memandang yang baik jadi buruk dan sebaliknya yang buruk menjadi baik

Kebodohan membuat seseorang membiarkan permata berhamburan di tanah karena menurut dia hanya serpihan kaca

Kebodohan membuat seseorang meneguk oplosan bir sampai tewas padahal Allah menghalalkan berbagai minuman segar dan menyehatkan

Kebodohan membuat orang tidak menghargai hari jum’at bahkan ada yang membenci-nya padahal itu adalah hari yang paling mulia

“Hari yang paling baik yang mana matahari terbit pada hari itu adalah hari jum’at, pada hari itu Adam ‘alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke dalam Surga dan pada hari itu pula ia dikeluarkan darinya.” (HR. Muslim)
jumat berkah

begitulah pesan Baginda Nabi Shalllallahu alaihi wasallam

Akhi Ukhti…

Tahukah engkau bahwa makhluk-makhluk Allah yang mulia sangat memuliakan hari jum’at bahkan mereka takut dengan hari jumat ini karena kiamat itu akan terjadi pada hari jum’at, Rasulullah shalllahu alaihi wasallam bersabda
( إِنَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ سَيِّدُ الْأَيَّامِ وَأَعْظَمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَهُوَ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ يَوْمِ الْأَضْحَى وَيَوْمِ الْفِطْرِ فِيهِ خَمْسُ خِلَالٍ خَلَقَ اللَّهُ فِيهِ آدَمَ وَأَهْبَطَ اللَّهُ فِيهِ آدَمَ إِلَى الْأَرْضِ وَفِيهِ تَوَفَّى اللَّهُ آدَمَ وَفِيهِ سَاعَةٌ لَا يَسْأَلُ اللَّهَ فِيهَا الْعَبْدُ شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ مَا لَمْ يَسْأَلْ حَرَامًا وَفِيهِ تَقُومُ السَّاعَةُ مَا مِنْ مَلَكٍ مُقَرَّبٍ وَلَا سَمَاءٍ وَلَا أَرْضٍ وَلَا رِيَاحٍ وَلَا جِبَالٍ وَلَا بَحْرٍ إِلَّا وَهُنَّ يُشْفِقْنَ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ )
“Sesungguhnya hari Jum’at adalah pemuka hari dan merupakan hari paling agung di hadapan Allah. Hari Jum’at lebih agung di hadapan Allah daripada hari idul adha dan idul fitri.

Dalam hari Jum’at terdapat lima hal:

Allah menciptakan Adam di hari Jum’at
Allah menurunkan Adam ke bumi di hari Jum’at.
Allah mewafatkan Adam di hari Jum’at.
Di dalamnya terdapat suatu waktu yang bila seorang hamba meminta sesuatu di waktu tersebut niscaya akan diberikan kepadanya selagi dia tidak meminta sesuatu yang haram.
Di hari Jum’at lah kiamat akan terjadi.
Dan tidaklah malaikat yang didekatkan dan juga langit, bumi, angin, gunung-gunung, dan lautan melainkan mereka takut kepada hari Jum’at.” (HR. Ibnu Majah dihasankan oleh Al Albani dalam shahihul jami’ 2279)

Akhi Ukhti…
Lalu bagaimana perasaanmu dengan hari Jum’at?
Aktivitas apa saja yang seharusnya kau lakukan pada hari jum’at?
Carilah tahu, dan bila kau sudah tahu, segera amalkan jangan suka menunda-nunda
Semoga Allah memberkahi hari jum’atmu

Syafiq Riza Basalamah, حفظه الله تعالى

•┈┈┈◎❅❀❦🌸💗🌸❦❀❅◎┈┈┈•

http://bbg-alilmu.com/archives/26193

Tidak ada komentar: